Sosok GusDur sebagai Pemikir

Assalamu'alaikum

Negara maju tidak terlepas dari pihak berbagai macam salah satunya pemimpin negara kita yaitu presiden.  Karena semua keputusan ditangan presiden beserta mandat-mandat lainnya. Siapa sih presiden favorit kalian? Pasti bingung karena hampir semua presiden punya kelebihan dan kekurangannya. Kalo saya ada salah satu presiden yang sosoknya bisa dikatakan penyejuk ditengah menguatnya politik identitas belakangan ini dan beliau juga sosok pemimpin sebagai pemikir dan pejuang ekonomi kerakyatan yaitu Presiden ke-4 KH.Abdurahman Wahid atau GusDur.


Haul ke -9 GusDur 

Walaupun GusDur hanya menjabat kurang lebih 21 bulan mulai 20 Oktober 1999 sampai 23 Juli 2001. Sosok alm.bpk GusDur yang telah berusaha menguatkan ikatan kebangsaan semasa hidupnya dengan memberi penghormatan tinggi kepada para minoritas yang hidup di negeri ini.   Walaupun saya belum mengenal sosok beliau atau bisa dibilang di tahun tersebut aku masih duduk dibangku SMP yang tidak memikirkan hal politik atau belum terlalu mengenal sosok GusDur secara dalam hehehe.  Saya dapat undangan untuk menghadiri acara Haul atau memperingati meninggalnya GusDur ke -9 di Balai Sarbini (Semanggi)  pada tanggal 17/12/2018 saya lebih mengenal sosok GusDur yang telah dijabarkan sosok seorang GusDur di acara Haul tersebut. 

GusDur semasa hidupnya juga diketahui sebagai cendikiawan yang tidak hanya pintar secara intelektual tapi juga begitu menghargai perbedaan, terutama masalah suku,ras dan agama.  Pria kelahiran jombang ini bahkan memiliki gelar sebagai Bapak Pluralisme Indonesia karena kebaraniannya membela hak-hak kaum minoritas yang tertindas .



Sosok GusDur dimata masyarakat Indonesia bukan hanya peduli dengan keanekaragaman Ras, suku dan agama tetapi beliau peduli dengan kebijakan ekonomi.  
Salah satu kebijakan ekonomI GusDur sangat maju dan berkembang pesat dengan menerima warisan pertumbuhan ekonomi minus 3% dari pemerintahan sebelumnya. Untuk dalam tiga bulan pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat 3.7% dari minus 3% menjadi 0.7%. Setahun berikutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 4.9, dengan angka tersebut Indonesia dapat lebih maju dengan gebrakan GusDur .

Contoh lain yang dilakukan oleh GusDur merupakan visi dan semangat beliau yaitu dalam membangun ekonomi yang menjadi inspirasi bagi Jokowi dan Jusuf Kalla. 



Keberhasilan GusDur dapat dirasakan salah satu wujudnya yaitu pembentukan Kementerian Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT)  menerapkan empat program unggulan desa yang diusung seperti:  PRUKADES , BUMDES,  Embung Desa dan Sarana Olahraga Desa.  Empat program tersebut dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan membangun Indonesia dari pinggiran. 

1. PRUKADES 


PRUKADES atau disebut  (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan)  merupakan langkah untuk memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Prukades adalah program pertama dari empat priotitas yang dicanangkan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dalam program Dana Desa. 

Jika sebuah desa telah menemukan produk unggulan untuk dikembangkan maka lebih mudah bagi desa untuk membangun akses pasar dan  bisa dikembangkan dalam skala besar sehingga lebih menguntungkan. Dengan adanya PRUKADES masyarakat desa dapat berkembang dan maju untuk mendapatkan produk unggulan.  Apa aja sih keuntungan memiliki PRUKADES salah satunya seperti menjadikan petani lebih terampil dan ahli,  menarik investor, membuka lapangan usaha untuk masyarakat pedesaan,  menanggulangi kemiskinan di pedesaan .

2.  EMBUNG DESA 






Embung desa atau penampung air dalam skala besar adalah salah satu dari empat prioritas dana desa. Hingga saat ini sebagian besar desa di Indonesia menjadikan bidang pertanian untuk menghidupi warga. Oleh karena itu kekurangan air dari jumlah itu sebagian besar baru bisa panen 1.4 kali dalam setahun.  Dengan adanya embung desa bukan saja produktivitas pertanian warga akan meningkat potensi pariwisata desa dan pendapatan warga desa juga meningkat.  

3. BUMDES


BUMDES atau disebut dengan Badan Usaha Milik Desa untuk membuka lapangan usaha bagi masyarakat desa agar membuka wawasan masyarakat desa.  Bukan hanya itu dengan adanya BUMDES masyarakat pedesaan bisa mengembangkan keterampilan yang ada didalam diri warga seperti ada yang bisa menjahit dengan ada ada badan usaha milik desa yang belum mendapatkan pekerjaan bisa memanfaatkan peluang tersebut dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari di pedesaan.

BUMDes memiliki 4 tujuan utama yaitu : mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan ekonomi desa. 

4. Sarana Olahraga




Olahraga merupakan hal yang positif untuk menyehatkan tubuh dan menyegarkan pikiran, oleh sebab itu pemerintah menyediakan fasilitas sarana olahraga. Pembangunan sarana olahraga bertujuan agar anak muda di pedesaan mempunyai kegiatan positif dengan bermain bola, badminton atau yang lainnya. Anak muda di pedesaan agar terhindar dari perbuatan negatif atau merugikan seperti mengkonsumsi narkoba, alkohol (mabuk2an)  dan tawuran. Dengan adanya sarana olahraga warga pedesaan baik yang muda maupun yang tua bisa memanfaatkan sarana olahraga ini dengan baik. 

Kemendes PDTT Bapak Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa Indonesia mampu menurunkan 10.000 desa tertinggal. Angka tersebut melampui target RPJMN yang hanya 5.000 desa.  Keberhasilan ini juga mendapat apresiasi dari world bank. 



Dukungan untuk membantu warga pedesaan bukan hanya dari Kemendes tetapi ada beberapa lembaga yang terlibat untuk mensukseskan dan membantu fasilitasi sarana-sarana di pedesaan seperti kementerian pertanian, kementerian PUPR dan kementerian kelautan dan perikanan.  Untuk kementerian pertanian memberikan bibit pupuk untuk ditanam. Sedangkan kementerian kelautan dan perikanan memberikan bibit ikan supaya bertumbuh banyak dan hasilnya bisa dinikmati oleh warga pedesaan begitu jg dengan kementerian PU memberikan fasilitas jalan bagi warga pedesaan. 

Sosok GusDur merupakan seorang visioner yang memiliki pola pikir ekonomi untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan basis ekonomi di sektor pertanian ,perkebunan, nelayan dan UMKM yang berskala kecil.  GusDur merupakan seorang pemimpin yang peduli dengan masyarakat kecil dan paling penting yang aku suka GusDur menjadi role pejabat pemerintah untuk sadar pajak dengan rajin menyetorkan kewajiban pajak ke negara.  Dengan diadakan haul ke 9 GusDur amal kebaikan selama hidup untuk visi,pedoman maupun nasehat untuk negara Indonesia diterima diakhirat. Amiinnn

12 komentar:

  1. wah mbak Farah ikut haul Gus Dur yang di Semanggi, tho.
    Eh keren juga ya program-program Kemendes untuk memajukan desa tertinggal. AKu pernah lihat balihonya di desaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ikut mama Sid program2 kemendes nya cakep banget

      Hapus
  2. Gus Dur kadang suka nyeleneh dan guyonan mendidik tidak bikin sakit hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya demen guyonan tapi dia mendidik utk orang maju

      Hapus
  3. Gus Dur ini merupakan sosok yg unik, meski seorang pemuka agama tapi sangat menjunjung rasa toleransi. Bersyukur impian mewujudkan ekonomi kerakyatan kian nyata di era saat ini sehingga pemerataan pun tercipta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dia menjunjung toleransi banget mba, apalagi toleransi dengan beda agamanya tinggi

      Hapus
  4. Ga terasa ya Gus Dur sudah gaul yg k 9 . Amiin... Semoga apa yg telah d capai Gus Dur buat kita semua JD ladang pahala buat beliau dan kebaikan buat masyarakat indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ga terasa gusdur udah 9 tahun sudah tiada

      Hapus
  5. Semoga pemikiran dan ide-ide Gus Dur dapat tetap terjaga dan terimplementasikan dengan baik untuk kemajuan Indonesia. amminn.

    BalasHapus
  6. Kemarin di timelineku rame nih acara haul gusdur. Keliatan bangt sih banyak masyarakat yg rindu sama sosok Gusdur. Alfatihah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas acara ini rame banget di twitter dan media

      Hapus