Manfaat Wakaf Untuk Masyarakat Seluruh Indonesia Yang Membutuhkan - Black Girl

Manfaat Wakaf Untuk Masyarakat Seluruh Indonesia Yang Membutuhkan

by - Oktober 05, 2019

Assalamu'alaikum


Dari pengalaman dan ilmu yang didapat dari Dompet Dhuafa ini sangat penting buat saya, selama ini dalam pikiran saya mengenai Wakaf harus banyak duit sampai ratusan juta. Karena istilah Wakaf yang saya tau pasti orang-orang kaya yang memiliki kelebihan hartanya untuk di wakafkan untuk tabungan amalnya. Ternyata pemikiran saya tentang Wakaf salah, alhamdulillah aku diberikan kesempatan oleh Dompet Dhuafa untuk berkunjung ke lokasi Sekolah Smart Ekselensia diseberang kawasan Zona Madina,Parung Bogor pada tanggal 2 Oktober 2019.


Wakaf adalah sedekah jariyah, yakni menyedekahkan harta kita untuk kepentingan Ummat. Harta Wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Karena Wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama ummat.

Acara ini dibuka oleh MC Putri Mounda dia adalah salah seorang penerima manfaaf beasiswa aktifis nusantara dari Dompet Dhuafa. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur'an dari Zikri siswa hafidz pesantren E-Tahfidz Smart Ekselensia Dompet Dhuafa. 

Dilanjutkan oleh Bapak Yuli Pujihardi selaku Dir.Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa dan Dir. Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa. Menjelaskan  mengenai program wakaf produktif yang ada di dompet dhuafa. Wakaf produktif memiliki manfaat pewakif dan juga penerima manfaat. Dompet Dhuafa mengelola wakaf secara profesional melalui program wakaf produktif. Dompet Dhuafa memiliki 4 pilar wakaf produktif yakni dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya. Ternyata wakaf produktif sangat bermanfaat dan bisa dirasakan beberapa yang menerima wakaf tersebut. 


Bpk. Yuli Pujihardi

Menurut Bobby.P. Manulang selaku GM Wakaf Dompet Dhuafa,selama ini mindset orang Indonesia mengenai wakaf salah satunya saya , diantaranya 3 mindset tersebut yaitu : 

1. Wakaf identik dengan ibadahnya orang kaya sebagian dari kita berpikir harus kaya dulu atau banyak duit baru bisa berwakaf padahal itu salah. 

2. Wakaf dikeluarkan dengan bilangan besar (nilainya besar). Kita bisa mengeluarkan hanya 10 ribu perbulan yang nantinya akan dimanfaatkan bagi penerima wakaf. 

3. Nanti dulu deh wakafnya yang ujung-ujungnya ga akan berjalan wakafnya karena menunda terus menerus.


Bpk. Bobby P. Manulang

Akhirnya sampai ratusan tahun wakaf di Indonesia masih saja tidur dan masih saja enggan berwakaf sebelum benar-benar kaya dan berlimpah rezekinya. Dompet Dhuafa menggalakan yang namanya Wake Up Wakaf yang bertujuan untuk pengembangan literasi agara masyarakat mengetahui banyak sekali manfaat wakaf . Setelah mendengarkan penjelasan dari Kak Bobby mengenai wakaf lebih terbuka pemikiranku dengan wakaf 10 ribu perbulan apabila di wakafkan akan menjadi manfaat salah satu contoh wakaf yang bermanfaat yaitu Sekolah Smart Ekselensia. Sekolah tersebut merupakan tanah wakaf produktif yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa. Untuk dananya diberikan oleh para donatur yang memberikan sebagian rezdkinya untuk kepentingan masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Sekolah Smart Ekselensia adalah sekolah gratis SMP-SMA untuk anak kaum dhuafa dari seluruh Indonesia. Yang didapatkan berupa pendidikan gratis disini melalui tes tulis, psikologi, wawancara sampai home visit.

Ustad Safi'i selaku Dir. Dompet Dhuafa di bidang pendidikan mengatakan wakaf di bidang ini sangat besar dan akan bermanfaat bagi kedepannya. Oleh karena itu sekolah ini juga di fasilitasi beberapa tempat seperti perpustakaan digital dengan koleksi buku. Bukan hanya perpustakaan yang terdapat di sekolah ini adanya lapangan futsal, basket, masjid dan ada sekolah PAUD. Jadi anak-anak disini tidak perlu khawatir akan kekurangan fasilitas yang didapat sekolah disini karena semua disediakan dengan baik. Oia disini juga ada sekolah Guru Indonesia dimana guru disini disiapkan untuk menjadi volunteer di daerah 3T di Indonesia yaitu (tertinggal, terdepan dan tertular). Dengan luas sekitar 8,5 hektar ini merupakan wakaf  yang bermanfaat bagi orang banyak.


Ustad Syafi'i

Setelah keliling melihat Sekolah Smart Ekselensia ke tujuan berikutnya yaitu berkeliling ke Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu. Dr. Muhammad Zakaria menjelaskan tujuan Dompet Dhuafa mendirikan Rumah Sakit adalah memberikan kepada pasien Dhuafa yang tidak mempunyai BPJS.  Jadi pasien yang tinggalnya tidak menetap alias pindah-pindah bisa mengajukannya ke Dompet Dhuafa. Disini tersedia 83 kamar untuk rawat inap dan pasiennya tidak membayar sama sekali sampai sembuh.





Setelah sampai dirumah terbuka lebar mengenai wakaf dan manfaatnya luar biasa bagi orang banyak. Kalian yang ingin ikut serta berwakaf dan ingin mengetahui lebih lanjut bisa di https://www.dompetdhuafa.org/ dan https://donasi.tabungwakaf.com/ .
Yuk berwakaf jangan nunggu kaya atau rezekinya banyak. Dari yang kecil insyallah akan mendapatkan barokah. Aamiin




You May Also Like

14 komentar

  1. Wakaf kalau dikelola dengan baik akan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas ya. Semoga dengan adanya edukasi semacam ini, manfaatnya bisa disadari oleh semakin banyak orang, utamanya supaya diketahui kalau wakaf itu tak harus orang kaya saja yang melakukannya.

    BalasHapus
  2. Awalnya juga berpikiran kalau wakaf tuh buat yang berduit banyak aja. Masih perlu belajar tentang wakaf

    BalasHapus
  3. Acara DD ini akhirnya membuka mata kita untuk berwakaf dan bukan hanya tugas orang kaya saja, kita pun boleh

    BalasHapus
  4. Siapa aja bisa dan berhak untuk melakukan ibadah wakaf.
    thanks God ada DD yg berkontribusi optimal dlm pemberdayaan wakaf ya Mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Memang wakaf ini penting banget ya terutama dalam membangun kesejahteraan umat. Makasih banyak lho infonya hehe, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Wakaf pokoknya deh selama hayat masih dikandung badan. Sukses Dompet Dhuafa!

    BalasHapus
  7. Wakaf ni banyak manfaatnya ya kak. Menurutku pribadi melebihi sumbangan biasa karena manfaatnya lebih luas dan berdampak

    BalasHapus
  8. Luar biasa ya sebenarnya potensi wakaf ini...Semoga kita dimudahkan ya untuk bisa berwakaf jadi bisa membantu banyak orang juga lewat wakaf ini

    BalasHapus
  9. wakaf di dompet dhuafa ternyata banyak banget manfaat dan yang bisa merasakan kebaikan nya. Asli terpercaya banget ini

    BalasHapus
  10. Aku jadi tertarik nih mau coba berwakaf. Pengen juga kan punya amal jariyah yang mengalir terus sampai meninggal dunia nanti.

    BalasHapus
  11. Aku baru Tau nih Ada wakaf Produktif dn manfaat Sama Aja tetap pahalanya mngalir smp akhir

    BalasHapus
  12. Aku sempat ikutan belajar tentang wakaf juga beberapa waktu lalu. Wakaf itu gak harus tanah atau uang, bahkan sumur pun bsa dijadikan wakaf

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah dapat info tentang wakaf ini, dan skrg banyak cara untuk berwakaf ya. Mudah2an menjadi ladang pahala bagi kita semua.

    BalasHapus