Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat - Black Girl

Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat

by - September 09, 2020

 Assalamualaikum

Ketika hamil biasanya seorang ibu sudah mempersiapkan untuk menyambut sang buah hati dengan hati bahagia. Perjuangan ibu bukan hanya pas ketika hamil tetapi melahirkan, setiap ibu yang melahirkan juga ada beberapa metode persalinan. Mulai dari persalinan normal sampai persalinan caesar, perjuangannya tidak jauh berbeda dua persalinan tersebut sama-sama sakit dan berjuang untuk anaknya lahir kedunia dengan selamat dan sempurna. Membicarakan permasalahan persalinan jadi inget kejadian dengan tanteku, karena dia tidak bisa melahirkan secara normal tetapi melahirkan caesar. 


Jadi pas menghadiri Webinar bersama Nutriclub dengan tema " Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat" 

Dalam seminar ini hadir 3 narasumber yang akan dibahas secara tuntas yaitu : 

1. Dr.dr.Ali Sungkar, SpOG (K)

2. Prof. Dr.Moh. Juffrie,SpA (K),PhD

3. Cyntia Lamusu ( Celebrity Mama)

Dalam webinar aku mendapatkan ragam informasi dimulai dari faktor indikasi kelahiran caesar seperti : Kehamilan kembar, Hambatan Jalan Lahir dsb. Dr.dr.Ali Sungkar,SpOG (K) mengatakan bahwa setiap ibu memiliki kondisi yang berbeda. Adapun beberapa banyak kasus, operasi caesar adalah prosedur yang menyelamatkan jiwa dan bisa jadi pilihan tepat untuk seorang ibu dan anaknya. 


Penjelasan pertama dari Dr.dr. Ali Sungkar,SpOG (K) juga menjelaskan Persalinan Caesar ada beberapa faktor medis seperti : paritas, panggul yang sempit, ketuban pecah dini, pre-eklamsia,janin terlalu besar,kelainan letak janin, dan janin kembar. Sedangkan faktor non medis seperti kondisi psikis ibu bisa meningkatkan risiko melahirkan secara caesar. Jadi keputusan tindakan persalinan caesar harus melalui prosedur medis,mulai dari informed consent dan pemberian edukasi mengenai manfaat dan risiko operasi caesar karena metode caesar pada persalinan dapat menimbulkan kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Melahirkan janin melalui insisi pada dinding anterior abdomen dan dinding uterus. Pada tingkat populasi angka seksio >10% tidak berhubungan dengan berkurangnya angka kematian ibu dan anak.


Adapun Operasi terjadwal dan tidak terencana memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Operasi terjadwal 

Kelebihannya : 

- Pasien dengan perut kosong dan ahli bedah sudah cukup kenyang.

- Pembiusan yang optimal pada waktu tersebut.

- Mendapatkan asisten dan staf perawat yang terbaik.

Kekurangannya : 

- Jika keputusan salah,anak premature dapat lahir.

- Cervix belum bedilatasi dan dapat terjadi drainase lokia yang buruk.

- SBU belum terbentuk, sehingga insisi uterus dibagian bawah dari segmen atas.

Tidak Terencana

Kelebihannya : 

- anak dalam kondisi cukup bulan karena dalam keadaan sudah persalinan.

- cervix sudah terbuka, drainase lokia lebih baik.

- SBU telah terbentuk dengan baik.

Kekurangannya : 

- bekerja pada jam kerja yang ganjil baik pada pagi maupun malam. 

- dokter anestesi,perawat dan asisten mungkin bukan yang diharapkan.

Selanjutnya,perlu diketahui juga oleh orangtua,bahwa metode kelahiran caesar dapat mempengaruhi sistem Imun anak. Sebab jalur lahir dapat mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang penting untuk perkembangan imunitas anak. 

Metode persalinan dapat menentukan jenis mikrobiota yang nantinya akan menghuni usus anak. Anak yang lahir secara pervaginam akan dikolonisasi oleh bakteri vagina dan feses ibu termasuk Lactobacillus dan Bifdobacterium. Sedangkan anak yang lahir secara caesar, proses kolonisasi mikrobiotanya terpengaruh faktor eksternal sehingga terjadi ketidakseimbangan mikrobiota usus. Olehkarena itu mikrobiota usus merupakan hal yang krusial dalam menjaga kesehatan anak. Microbiota maternal ( vagina,feses, ASI,mulut dan kulit) akan menentukan kematangan usus,perkembangan metabolik dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. 

Tindakan persalinan caesar ternyata dapat mempengaruhi Imunitas anak, untuk itu agar anak memiliki Imunitas yang baik dan kuat dengan pemberian ASI eksklusif. Dengan pemberian ASI dapat mendukung perkembangan mikrobiota sehat untuk memperkuat sistem imunitas karena didalam ASI terdapat berbagai macam nutrisi untuk mengembalikan keseimbangan mikrobiota sehat seperti probiotik dan prebiotik. 


Penjelasan kedua dari Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi Prof. Dr.Moh.Juffie,SpA(K),PhD menjelaskan mengenai pengaruh perbedaan mikrobiota usus terhadap anak. Mikrobiota Saluran Cerna mengandung jutaan mikroba yang dianggap penting untuk mengembangkan sistem imunitas tubuh. Sementara itu,persalinan terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu risiko terjadinya gangguan imunitas,termasuk alergi terhadap makanan. 

Ternyata pemberian ASI eksklusif mengandung lebih dari 200 spesies mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik dan human milk oligosaccharides atau yang dikenal sebagai prebiotik. Kombinasi probiotik dan prebiotik yang bekerja sinergis dan memberikan efek, dikenal juga dengan Sinbiotik. Si kecil yang lahir secara caesar dapat meningkatkan jumlah bakteri baik seperti Bifdobacterium dan dapat membantu meningkatkan sistem Imun selama 2 tahun pertama kehidupan secara menurukan risiko anak mengidap penyakit alergi.


Untuk narasumber yang terakhir ada Cyntia Lamusu (Celebrity Mama) menceritakan pengalaman mempersiapkan kelahiran caesar a anak kembarnya. Ternyata pas kehamilan Tatjana & Bima sudah usia 37 tahun dan janin kembar, menggunakan metode bayi tabung (IVF). Kondisi ini menjadi faktor risiko yang mengharuskan Cyntia melahirkan secara caesar. Dia antusias dan semangat untuk selalu menjaga bayi kembarnya dengan intensitas cek ke dokter agar kesehatannya terus terpantau. Selain itu dia juga mempelajari risiko melahirkan persalinan caesar yaitu imunitas lemah dan potensi alergi yang lebih tinggi pada anak. 


Cyntia juga mendapatkan dukungan dari pihak keluarga,suami,rumah sakit dan orang2 terdekatnya dapat menghadapi tantangan dalam proses persalinannya. Dia juga selalu disarankan oleh dokternya selalu melakukan yes potensi caesar untuk pengetahuan dan pengalaman sangat bermanfaat bagi hidupnya. Support itu perlu banget pas kehamilan dan melahirkan apalagi seperti Cyntia persalinan caesar dan kembar.


Oleh karena itu Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub berharap orangtua dapat mengetahui secara lengkap informasi yang diperlukan dalam mempersiapkan kelahiran caesar dan khusus bagi orangtua dengan anak lahir caesar dapat mendukung kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Nutriclub akan meluncurkan Tes Potensi Caesar untuk membantu orangtua mengenai  faktor risiko kelahiran caesar sejak awal dan mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut si kecil. Selain itu bisa mendapatkan informasi seputar kehamilan ,persiapan dan pasca-kelahiran caesar dapat ditemukan di www.nutriclub.co.id,jangan lupa coba juga alat deteksi risiko kelahiran caesar di website ya!

You May Also Like

0 komentar