Kenapa Harus Vaksin Influenza Pada Saat Travelling Ke Luar Negeri? - Black Girl

Kenapa Harus Vaksin Influenza Pada Saat Travelling Ke Luar Negeri?

by - November 29, 2019

Assalamu'alaikum

Travelling ke luar negeri bukan hanya mempersiapkan uang, mental, perlengkapan pas travelling tetapi kesehatan. Seperti aku beberapa bulan yang lalu ke Jepang dan aku tidak pernah namanya vaksin atau minum vitamin sebelum ke negara tetangga. Sedangkan aku tidak pernah tau cuaca di negera tersebut, apalagi di Jepang pas musim dingin sampai minus. Aku tidak melakukan tindakan semacam vaksin salah satunya Vaksin Influenza. 


Blogger Gathering
Bebas Flu Saat Traveling

Kenapa harus vaksin? Karena untuk kesehatan juga harus diperhatikan. Terutama untuk tujuan kenegara-negara yang kita sendiri tidak tahu ada penyakit yang mungkin berbahaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Berbicara mengenai influenza, saya yakin hampir semuanya pasti pernah terkena influenza dan sepertinya semua makhluk dimuka bumi ini pasti pernah terkena influenza. Influenza merupakan virus yang menginfeksi saluran nafas yang disebarkan oleh cairan nafas orang yang terinfeksi. Untuk para traveller tentu lebih mudah penyebarannya, misal saat naik pesawat yang berarti diruang tertutup, maka resiko penularannya cukup tinggi. Sudah saatnya jangan mengabaikan penyakit influenza, karena ternyata ada lho influenza yang berat. Pasti gak ingin dong saat liburan terkena flu, yang ada malah gak bisa liburan dinegara tujuan. Makanya saya berusaha untuk istirahat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi termasuk olahraga sesaat sebelum liburan agar badan tidak ngedrop. 


Perwakilan dari Kenapa Harus Vaksin
dr. Suzy Maria, SpPD (Satgas Imunisasi Dewasa PB PABDI) 

Ternyata ada hal lain yang harus dipersiapkan agar tidak terkena flu atau penyakit saat sedang liburan yaitu melakukan vaksinasi. Untuk influenza ini ternyata ada lho vaksinasinya. Vaksinasi yang saya tahu itu semacam memasukkan partikel kecil dari virus tetapi itu tentu tidaklah berbahaya. Vaksin influenza sendiri dapat didapatkan dirumah sakit umum pastinya. Untuk tarifnya sendiri ternyata tidak mahal lho, untuk para traveller lebih dianjurkan vaksinasi yang lengkap yang isinya 4 strip virus dan dapat perlindungannya selama 1 tahun.

Ternyata ya virus influenza akan ada terus sepanjang tahun dan tidak akan pernah menghilang dari alam. Yang ada bahkan dimusim-musim tertentu peningkatan virusnya bertambah banyak. Untuk di Indonesia sendiri mengalami peningkatan di musim hujan dan dinegara-negara 4 musim disekitaran musim dingin. Berbicara mengenai kapan waktu yang tepat untuk vaksinasi, ternyata kapanpun bisa dilakukan vaksin untuk perlindungan diri. Untuk para traveller seperti saya ternyata waktu yang ideal sebelum berangkat itu ternyata 2 minggu, karena jeda waktu tersebut pembentukan antibodynya sudah sangat bagus, jadi saat liburanpun tidak terlalu was-was akan penyakit influenza.


5 Fakta Vaksin Flu untuk Traveller 


Gaya dulu ahh sapa tau bulan depan keluar negeri udah tau manfaat Vaksin Influenza

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan penyakit influenza, tentu dapat dilakukan dari berbagai cara. Yang pertama tentu dengan menjaga daya tahan tubuh dengan cara pola hidup yang sehat. Termasuk istirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi dengan perbanyak makan sayur dan buah. Yang kedua harus menjaga penularan itu dengan menjaga kebersihan diri sendiri, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 


Foto bersama teman-teman Blogger 

Ternyata vaksinasi untuk anak-anak dan dewasa dosisnya berbeda. Jadi untuk vaksin sendiri dianjurkan untuk usia diatas 6 bulan, jadi yang mau membawa babynya saat berpergian cukup beresiko tinggi untuk terkena influenza yang berat. Jika dirasa terkena flu berat disarankan istirahat dirumah, agar lebih optimal kekebalannya dalam melawan virus. Selain itu pliss jangan nularin ke orang lain juga. Jangan lupa untuk minum banyak mineral water termasuk makan obat untuk mengurangi gejala demam.

You May Also Like

11 komentar

  1. Kebayang ga enaknya saat traveling flu melanda. Jadi ga mood kemana2, kasihan teman seperjalanan. (Ani)

    BalasHapus
  2. Jadi vaksin nya tu puskesmas atau dimana? Emang terbukti gak bakal kena influenza gitu kalo dah di vaksin?

    BalasHapus
  3. Aku sudah vaksin influenza mbak, anak-anak yang belum karena memang belum terlalu ngeh kalau anak-anak pun butuh vaksin ini. Tinggal tanya Puskesmas besok mbak.

    BalasHapus
  4. Memang vaksin sangat perlu pada saat travelling keluar negeri. Contohnya saja saudaraku. Pada saat keluar negri egk vaksin sampai indonesia dia terkena virus dan akhirnya wafat 😢

    BalasHapus
  5. wah belum pernah vaksin influenza, A strip itu berarti untuk satu tahun ya? disuntikkan sekaligus apa satu satu tiap berapa bulan sekali gitu?

    BalasHapus
  6. Serem sih memang kalo tubuh lagi gak fit, apalagi berkaitan sama cairan tubuh kalo lagi flu, bisa terkontaminasi virus yang lebih ajaib kalo travelling ke LN. Thanks remindernya ya

    BalasHapus
  7. influenza ini kelihatannya sepele yaa, Mba, tapi ternyata dia termasuk penyakit yang cukup serius juga, buktinya dibuatin vaksin

    BalasHapus
  8. Aku vaksin influenza waktu mau ke overseas lumayan lama, malah sinusku kambuh hampir 2 bulan :(

    BalasHapus
  9. aku ni lho yang kadang kurang banget istirahat, uhhuh. thx infonya yaa mbaaa

    BalasHapus
  10. Kalau udah divaksin kan jd gak cemas bakal kena flu. Liburan jd makin menyenangkan karena badan fit. Jadi divaksinnya sebelum 2 Minggu keberangkatan yak

    BalasHapus
  11. Vaksin influenza sebagai antisipasi ya,kak. Tapi semua tetep bergantung pada gaya hidup kita kan ya

    BalasHapus