QR Pembayaran Digital Ala Milenial - Black Girl

QR Pembayaran Digital Ala Milenial

by - November 14, 2019

Assalamu'alaikum

Hobiku selain travelling adalah jajan cemilan baik di mall atau dipasar, apalagi kalo ada yang cashback atau diskon. Yang doyan cashback cuma aku doank atau semua ibu-ibu milineal punya hobby seperti aku? Yang jajan atau beli makanan cari yang ada cashbacknya? Hahaha



Nih dia Aku pake Gopay 



Era milineal dan serba digital semua pembayaran lewat smartphone atau cashless. Kalo pribadi saya lebih baik  dompet daripada ketinggalan HP (ada yang seperti aku ini ga yah ibu-ibu sosialmedia). Apalagi kalo ke Mall bareng keluarga cuma 1 yang dicari oleh aku adalah tempat restoran yang ada cashbacknya hahaha (ketahuan ga mau rugi). 

Pernah punya pengalaman tentang pembayaran melalui QR Code, sebelum aku menceritakan aq pengen jelasin sedikit mengenai QR Code (Quick Response Code Payment) ini adalah metode pembayaran tanpa uang tunai dengan memindai atau scanning kode yang berwujud dimensi. Penggunaan QR Code makin populer di Indonesia dan jadi tren dalam urusan transaksi yang mudah dan juga cepat untuk di berbagai tempat. 

Bank Indonesia (BI) sebagai pemangku kebijakan keuangan di negeri ini juga terus mensosialisasikan pembayaran dengan menggunakan QR Code payment ke berbagai kalangan. Salah satunya adalah dengan menerbitkan aturan terkait QR untuk menyamakan standar dari penyelenggara jasa sistem pembayaran. 


Bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan  ke-74 RI, Bank Indonesia (BI) merilis standar untuk penggunaan QR Code di Indonesia atau QR Code Indonesia Standard (QRIS). QRIS (Quick Response Indonesia Standard)  disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Melalui keterangan resminya, Bank Indonesia menyatakan akan fokus terlebih dahulu untuk menerapkan standarisasi ini pada QR Code untuk pembayaran, seperti misalnya pembayaran lewat Go-Pay atau Ovo yang kini sudah banyak digunakan. 

Bank Indonesia juga terus memperkenalkan ekonomi digital diantaranya melalui kegiatan Festival Edukasi Bank Indonesia (Feskabi)2019. Sebuah kegiatan yang merupakan wahana edukasi keuangan bagi generasi milenial sekaligus memperkenalkan sistem QRIS sebagai sistem pembayaran digital. 

Oia tadi ingin menceritakan sedikit pengalaman saya selalu menggunakan QR Code. Pembayaran lewat digital yang paling aku tertarik karena lebih simpel dan praktis. Karena aku tipe yang simpel jarang membawa dompet apabila lagi ke mall bareng suami atau keluarga. Pembayaran digital semua terpenuhi karena tidak berat untuk membawa dompet dan gopay atau ovo aku topup dengan jumlah yang besar. Karena pas jajan dan melakukan pembayaran tidak perlu repot untuk topup. Pengalamanku adalah selalu isi saldo di 3 Smartphone aku karena pada saat transaksi aku menanyakan cashback maksimalnya berapa? Hahaha jadi aq daftar 3 nomor berbeda dan HP berbeda agar mendapatkan cashback disetiap HP. Hahaha. 

Alasan saya memilih pembayaran menggunakan QR Code yaitu : 


1. Lebih simpel dan praktis
Aku hanya membawa Smartphone dan bayar si kasir pun mengeluarkan QR Code yang aku scan di smartphoneku. 

2. Promo cashback
Yang aku tunggu yaitu dapat promo cashback karena sering dapT cashback 50% atau 100% dari Gopay, ovo, link atau dana. 

3. Transaksi Dimana Saja dan Kapan Saja
Pas kita liburan dan lupa bayar tagihan telp, listrik atau apapun. Kita tinggal ketik nonya dan masukin saldo tagihan semua selesai cuma mengandalkan HP dan internet semua beres. 

4. Topup dimana saja 
Topup bisa dimana saja misal lagi naik ojek online bisa isi saldo sama abangnya, semua bank atau topup di indomaret sekarang juga bisa. Transfer antara sesama gopay atau ovo sekarang udah bisa

5. Dapat mengatur keuangan 
Mengatur jajan kita berapa karena bisa cek di history dan keuangan kita akan terkontrol dengan baik. 

Pada dasarnya menggunakan aplikasi dompet digital ini sebagian orang bilang jadi pemborosan karena adanya cashback. Semua balik lagi ke pribadinya masing-masing manfaatkan cashless sebaik-baiknya dan sesuai kebutuhan. So bijak dalam menggunakan aplikasi dompet digital. 

You May Also Like

0 komentar