Mengatur Keuangan pada Saat Pandemi bersama FWD - Black Girl

Mengatur Keuangan pada Saat Pandemi bersama FWD

by - Mei 24, 2020

Assalamu'alaikum

Hampir dua bulan lebih masyarakat Indonesia di rumah aja untuk mentaati peraturan pemerintah agar social distancing. Kalo bilang bosen atau jenuh, hampir semua orang mengalami seperti ini. Banyak sekali yang mengalami kerugian bukan hanya 1 sektor tetapi beberapa sektor seperti : sektor perjalanan, perdagangan, sektor pariwisata dan lain2nya. Pada saat pandemi jadi memikirkan masalah dana darurat, kenapa penting? Karena supaya tidak kelaperan atau kehabisan uang.

Tetap dirumah Aja dan produktif

Pandemi covid-19 ini banyak merenggut dan memberikan pelajaran buat masyarakat agar selalu mengatur kesehatan finansial. Karena hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik pada saat pandemi. Karena kesehatan financial sangat berperan besar banget dalam mencegah adanya tingkat stress atau putus asa pada saat masyarakat tidak memiliki pekerjaan atau dana darurat.

Aku masih dirumah aja dan pengeluaran lebih banyak daripada aku harus keluar rumah untuk beraktivitas. Salah satunya paket internet lebih banyak menyedot pas dirumah aja. Tetapi alhamdulillah saat ini aku memiliki dana darurat dan aku kepo banget mengenai tips finansial dari Aidil Akbar dan Dona Pradana. Makanya aku nonton live instagram FWD yang berlangsung pada tanggal 20 Mei 2020 mulai pukul 16.30 WIB ini. Aku banyak banget mendapatkan ilmu baru seputar finansial, jadi aku lebih memperhatikan lagi keuanganku. Acara ini di isi yang ahli dibidangnya finansial yaitu Aidil Akbar.


Bermanfaat banget topik yang dibicarakan sambil nunggu buka puasa 

Dalam kesimpulan ini jadi aku berpikir supaya bisa lebih mengatur keuangan dengan berhenti membeli keinginan daripada kebutuhan.

Aidil Akbar memberikan beberapa tips dalam live yaitu : 


1. Menekan pengeluaran

Menekan pengeluaran yaitu berhenti membeli yang tidak perlu atau tidak penting. Seperti aku sering banget beli baju atau sepatu pada saat pandemi ini padahal kan dirumah aja? Atau beli HP yang masih bagus, jadi berhenti membeli karena hawa nafsu sesaat.

2. Menambah penghasilan
Jualan baju online atau jualan kue kering pada saat menjelang lebaran. Menambah penghasilan seperti buat konten jadi blogger, buzzer atau Youtuber seperti aku menulis dan mereview di blog pribadiku. Kalo tidak ada keinginan di dunia digital, bisa juga buka warung makan di dalam rumah asal bisa menyambung untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Mengatur prioritas kebutuhan
Mengatur dan memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan sesaat.

4. Menyimpan gaji
Pada saat kerja lebih baik gaji diatur dengan baik, untuk keluarga sekian dan untuk dana darurat sekian. Jadi pandemi ini gaji yang ditabung masih ada dan pada saat butuh tinggal digunakan. Sekarang ini aku sudah resign dari kerja kantoran hampir setahun, biasanya duit dari hasil ngeblog, ngebuzzer dll berhubungan dengan dunia konten aku sisihkan 35% dari hasil keseluruhan. Uang dari suami aku simpen di dana darurat, jadi bener2 pada saat pandemi sekarang ini aku butuh tinggal pake uang dana darurat tersebut. Oia kalo aku masih kerja dulu aku sisihkan 50% dari gajiku. Banyak yang nanya bayar ini dan itu nya gimana? Misalkan gaji 8 juta 50% 4 juta kan? Jadi 4 juta ditabung dan 4 juta nya untuk beli kebutuhanku, misalkan pengen beli baju kesukaan atau makanan yang enak seminggu sekali tanpa perlu minta sama suami.

5. Menyiapkan dana darurat
Paling wajib kalo ini pada saat pandemi covid-19 ini, jadi dana darurat itu wajib banget karena untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti makan, pulsa internet, peralatan mandi dll.

Selama pandemi ini agak berkurang pengeluaranku, terutama tidak ada pengeluaran beli baju atau fashion karena dirumah aja. Mas Aidil Akbar juga menyarankan pada saat pandemi ini harus pintar-pintar menyimpan atau menabung, karena untuk keperluan mendadak.

Tentang #BerbagiBarengFWD

Dalam live di IG membahas mengenai finansial bersama Aidil Akbar dan Dono Pradana juga mengajak untuk Berbagi Bareng FWD dengan berdonasi sebesar 200.000 rupiah melalui www.kitabisa.com/berbagibarengfwd. Uang yang dikumpulkan dari #BerbagiBarengFWD akan disumbangkan kepada anak-anak SOS Children's Village Indonesia untuk melawan Pandemi Covid-19. Program Bareng FWD Life ini akan berkolaborasi bersama SOS Children's  Villages Indonesia yang dimana sama-sama dapat merayakan  kebaikan dan kebersamaan dengan menginspirasi kalian untuk menolong mereka yang kurang beruntung. Terutama anak-anak selama pandemi ini. Di Indonesia ada lebih dari 4.500 anak di lebih dari 2.400 keluarga yang tersebar di 10 lokasi berbeda yang terkena dampak ini. Rata-rata satu keluarga membutuhkan Rp. 1 juta perbulan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kebersihan.



FWD life berkolaborasi bersama SOS Children's Village untuk membantu meningkatkan kesadaran akan kondisi kelompok yang kurang beruntung, terutama anak-anak selama wabah virus corona. Dampak yang disebabkan oleh pandemi ini tidak hanya kesehatan, tetapi banyak keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar karena pembatasan interaksi sosial yang berdampak pada ekonomi mereka.

Selain itu masih dalam kegiatan #BerbagiBarengFWD berkolaborasi dengan berbagai pihak, FWD Life akan mendistribusikan 20.000 Care Package untuk seluruh keluarga FWD Life dari karyawan, tenaga pemasaran hingga nasabah. Yang terdiri dari barang-barang kesehatan dan kebersihan seperti masker dan hand sanitizer.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan perlindungan bagi komunitas dan keluarga mereka, memberikan mereka rasa aman dan terlindungi. Hal ini termasuk mendorong mereka untuk tetap sehat, menjaga kebersihan, melakukan berbagai langkah pencegahan seperti mencuci tangan secara rutin.

Dengan adanya kegiatan Live IG Bersama FWD Life aku juga mendapatkan informasi banyak selama pandemi ini seperti kesehatan badan sampai kesehatan keuangan. 



FWD LifeFWD Life

You May Also Like

53 komentar

  1. SAlut untuk FWD dengan program donasi yang dikumpulkan dari #BerbagiBarengFWD yang akan disumbangkan kepada anak-anak SOS Children's Village Indonesia untuk melawan Pandemi Covid-19. Semoga sukses!

    BalasHapus
  2. penting banget ini mba mengatur pengeluaran dan menentukan prioritas, karena prediksi bakal dua tahun hidup kita bakal normal lagi, kayaknya

    BalasHapus
  3. Mikir juga sih kalau pandemi Korona ini bikin keuangan morat marit. Alhamdulillah kak, udah ngejalanin tipsnya juga dan itu bermanfaat banget

    BalasHapus
  4. Dirumahaja memang menjadi lebih hemat dan lebih syahdu yaa..karena bertepatan dengan bulan Ramadan.
    Semoga sehat selalu hingga pandemi ini berakhir, aamiin~

    BalasHapus
  5. Narasumbernya kece banget kalau untuk memberi masukan tentang mengelola keuangan, pernah ketemu di suatu event.

    BalasHapus
  6. Menekan pengeluaran sambil mencari tambahan selama di rumah aja penting banget ya supaya kesehatan financial tertap terjaga. Ternyata bukan kesehatan tubuh dan mentak aja yang perlu dijaga tapi keuangan juga.
    FWD bagus juga nih eventnya untuk meningkatkan kesadaran selama pandemi, semoga banyak masyarakat yang terbantu.

    BalasHapus
  7. Wah banyak faedah ikut kegiatan ini yah Kak. Dapat ilmu, berdonasi sekaligus entertain dengan stand up comedy hehe. Btw emang penting banget soal dsns darurat, aku setuju

    BalasHapus
  8. Wah thank you for sharing kakak ku, ini sangat bermanfaat dan berfaedah bangt dlam situasi sprti ini, karena harus bangt kita lakukan ini kalau nggak , pengeluaran besar pemasukan nggak ada bisa bisa , hiks

    BalasHapus
  9. Beneran nih pas pandemic ini kita semua dituntut umtuk lebih giat, berkreasi untuk tetep bertahan,termasuk menjaga kesehatan tubuh dan keuangan yang sangat vital.

    SAlut dengan Kolaborasi FWD,semoga berkah buat semuanya yaaa.
    Temen2ku juga mendadak jadi tukang kue lebarang semuaa nih.

    BalasHapus
  10. Masyaallah allhamdulillah ya mba. Walau di rumah aja kita tetap bisa belajar dan dapet ilmu ya dari livenya FWD slain itu ikut berbagi juga lagi.

    BalasHapus
  11. Salut dengan program kolaborasinya FWD Life, karena pasti sangat membantu orang2 yg membutuhkan.

    Ehhh ada IG Livenya juga ya,aku ketinggalan nih padahal suka banget sama Aidil Akbar. Blio klo ngebahas finance caranya enak.

    BalasHapus
  12. Mengatur keuangan perlu banget nih mba.. pandemik gini sempat teman bilang, usaha sebelum butuh2 banget. Merintis dari selagi masih mampu jauh lebih baik.
    Wah ig livenya seruuu ya mba

    BalasHapus
  13. Yaah aku telat ikutan FWD yang Aidil Akbar nih. Dana darurat berasa banget pentingnya selama pandemi gini. Bisnis suami stop sementara, yaudah kami pakai DD buat sehari-hari. Alhamdulillah.

    Makasih tipsnya yaa mbak. Keren deh kamu tuh bisa saving banyak.

    BalasHapus
  14. Iya, terasa banget dampak korona ini buat pemasukan, tapi Alhamdulillah ada saja kerjaan nulis..semoga segera membaik ya .

    BalasHapus
  15. Seneng ya, walopun di masa pandemi yang menuntut kita untuk tetap di rumah aja, kita masih bisa up grade kemampuan. Salah satunya kemampuan mengatur keuangan di acara bareng FWD. Tinggal kita mempraktekkannya saja di kehidupan sehari-sehari.

    BalasHapus
  16. aku paling suka lagi pandemi kayak gini dapet kucuran ilmu dari orang-orang yang kompeten di bidangnya biar tambah semangat dan tambah pinter mengatur keuangan

    BalasHapus
  17. Program FWD ini bagus-bagus banget dan bermanfaat.. apalagi yang program BerbagiBarengFWD ❤️

    BalasHapus
  18. Pandemi membuat kita makin berhemat & serba bisa ya. Program dari FWD ini bagus banget bisa berbagi ya

    BalasHapus
  19. Betul mb, pelajaran dari pandemi corona ini penting sekali menyediakan dana darurat selain saving yang lainnya. Karena saat ini yang bisa dilakukan adalah bertahan mengandalkan tabungan dan tetap berusaha cari uang juga sih... Semoa cepat berlalu pandeminya

    BalasHapus
  20. menekan pengeluaran ini sedang kami lakukan, jadi banyak berhemat karena belum tau pandemi akan sampai kapan dan bagaimana nantinya

    BalasHapus
  21. Iya ini udah mau 2 bulan suami g kerja n hrs pinter atur keuangan bila tdk ingin jebol di belakang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Alloh, mba...aku ikut sedih dengernya T.T

      Semoga ada jalan yang lebih lapang setelah ini ya. Jangankan yang dirumahkan, yang masih ada kerjaan aja juga gajinya seret, emang harus pinter-pinter mengatur keuangan y

      Hapus
  22. Emang penting banget deh disaat seperti ini kita menata kembali keuangan, dan kalau aku sendiri berasa lebih banyak pengeluaran sepertinya.

    BalasHapus
  23. Iya ya, mengatur keuangan itu penting apalagi saat pandemi gini kalau gak pinter-pinter yang ada kita kebingungan. huhu kayak aku awal-awal
    untungnya di FWD banyak ilmu gratis yang bisa diserap ya

    BalasHapus
  24. Keren loh FWD, bisa ngadain event yang bersambung dan tetap menarik untuk diikuti ya
    Belum lagi kolaborasi FWD dengan SOS Village's Children dengan bantuan untuk membuat tantangan bagi semua orang untuk berpartisipasi. Hayo siapa yang mau dapat jersey, bisa ikutan ya daftar dulu tentu

    BalasHapus
  25. Seru nih event virtual nya. Mana materinya kece semua. Pengen ikutan boleh kan ya

    BalasHapus
  26. Bener banget ya, pengeluaran di masa pandemi ini harus benar-benar diperhatikan, karena kita belum tahu dan nggak pasti kapan masa ini akan berakhir. Serem aja kalau kita nggak punya simpanan :(

    BalasHapus
  27. saya benar2 menekan keuangan nih. gak lagi makan di luar rumah, gak lagi beli jajanan kesukaan dan milih masak sendiri. sekalian belajar masak lah ya

    BalasHapus
  28. Seru banget ikutan IG Live nya dari FWD mbak, apalagi mengatur keuangan di masa pandemi kudu menghemat dan bijak banget mbak.

    BalasHapus
  29. wah keren nih.. mengatur keuangan di masa2 kayak gini penting banget.. bukan hanya sekedar mengencangkan ikat pinggang ya..

    BalasHapus
  30. temanya keren ya sayangnya aku kelewat jadwal onlinenya tanggal 20 Mei itu, padahal bagus ya. semoga ad alagi nanti deh. btw aku mengatur prioritas itu yang masih sulit pengeluaran lari ga jelas kemana-mana hehehe. sama satu lagi menyiapkan dana darurat ini yang aku belom lakukan, duuh padahal wajib ya harusnya

    BalasHapus
  31. Pada masa-masa seperti ini pertimbangan untuk menghemat dan menyiapkan dana darurat adalah pilihan yang tepat. Kita belum tahu beberapa bulan ke depan atmosfer ekonomi dan sosial akan seperti apa.

    BalasHapus
  32. masa pandemi ini pintar-pintar ya buat mengatur keuangan, perlu hemat deh apalagi perlu uang daftar ulang. aku juga bikin jadwal dan program prioritas deh

    BalasHapus
  33. Nah yang bagian dana darurat nih, sebagian besar keluarga masih kurang aware terhadap pos yang satu ini. Musti dipikirin juga ya untuk menganggarkan dana darurat di dalam planning keuangan.

    BalasHapus
  34. Makasih tips nya sekaligus remindernya mba. Alhamdulillah ya di saat pandemi begini masih banyak yg mau berbagi. InshaAllah optimia kita semua bisa melewati pandemi

    BalasHapus
  35. Managing financial situation during pandemic can be very complicated but I believe we can do that

    BalasHapus
  36. Penting banget ilmu finansial literasi ini. Apalagi di saaty pandemi, banyak orang yang kekurangan. Semoga dengan saling membantu, hidup semakin bahagia.

    BalasHapus
  37. Selama pandemi memang kita harus lebih empati dengan keadaan orang lain ya Mba. Selain kita harus berhemat, kita pun sesekali harus berbagi dengan sekitar. Banyak yang terdampak sejak pandemi ini muncul

    BalasHapus
  38. Semenjak pandemi, jadi memaksa untuk mengatur keuangan karena keadaannya belum stabil.ilmu finansial memang penting ya mba

    BalasHapus
  39. bener bener ya saat corona ini rasanya mencekik banget, keuanganpun kita bener2 harus cermat.

    BalasHapus
  40. Salah satu tips jitu nih menekan pengeluaran. Selama ini seringnya kita asal beli ini itu dengan alasan nanti juga kepakai. Padahal kita lagi ga butuh. Ini yang harus segera dipangkas.

    BalasHapus
  41. justtru sekarang di rumah aja jadi banyak yang lebih produktif yah, seneng deh. Tapi ya itu atur keuangan radapusing soalnya seneng belanja online kalau saya haha

    BalasHapus
  42. Makasih FWD atas tipsnya ya,, menyimpan gaji itu reminder banget ya, scr selama ini gaji kayak numpang lewat aja deh rasanya hehe

    BalasHapus
  43. Mantapbya FWD ini.
    Emang saat pandemi spt ini harus lebih bijak atur keuangan

    BalasHapus
  44. Ini dia nih yg susah dalam meneksn pengelusran,kalo barang masih bisa tahan,tapi kalo makanan,gak bisa

    BalasHapus
  45. iya semua sedang merenovasi anggaran keuangan pribadi masing-masing nih ya.. jadi harus lebih bijak untuk mengatur keuangan

    BalasHapus
  46. Kita harus bisa menekan pengeluaran sambil terus mencari tambahan selama di rumah aja, ini penting banget supaya kesehatan financial tertap terjaga.

    BalasHapus
  47. selama pandemi ini benar-benar ikat pinggang, tutup mata dulu deh dengan kebutuhan sesaat, bahkan kemarin gak beli baju lebaran. kalau anak-anak dan bapaknya sempat dibelikan karena itu juga pesannya jauh hari sebelum corona menyerang sih, huhuhuh.
    semoga semua ini segera berlalu biar semua kembali normal tapi tetap harus ingat tuk atur keuangan secara bijak juga sih :)

    BalasHapus
  48. Selama pandemi yang harusnya bisa aman dana darurat juga mulai rentan terkena, harus benar-benar bijak dalam segala hal

    BalasHapus
  49. Sekarang kita bisa mendapatkan informasi detail melalui join nonton siaran langsung ya. Apalagi ini mengenai tentang pengeluaran dimasa wabah Pandemi. Jujur aja aku lebih boros lho.

    BalasHapus
  50. dana darurat banyak banget dibahas ya apalagi selama pandemi gini, soalnya jadi kerasa bahwa dana darurat ini perlu banget diprioritaskan.

    BalasHapus
  51. Bagus banget nih FWD dengan programnya apalag uang yang dikumpulkan dari #BerbagiBarengFWD akan disumbangkan kepada anak-anak SOS Children's Village Indonesia untuk melawan Pandemi Covid-19. Sangat bermanfaat. Semoga sukses terus yah FDW

    BalasHapus
  52. Makasih ya mba infonya ya mba. Bener kita harus pandai2 di masa2 sekarang ini

    BalasHapus