Ngetem X KUKM ,Ngobrol Bareng Bpk.Menteri KUKM yaitu Teten Masduki tentang Omnibus Law - Black Girl

Ngetem X KUKM ,Ngobrol Bareng Bpk.Menteri KUKM yaitu Teten Masduki tentang Omnibus Law

by - Maret 16, 2020

Assalamualaikum

Dengan acara OmniBus Law membuat bahagia bagi para pelaku-pelaku koperasi UKM yang menjadi bagian program Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Dengan mengadakan OmniBus Law ini agar UKM bisa mendapatkan kemudahan berkembangnya kegiatan koperasi dan UMKM.  

Ngetem x KUKM tentang OmniBus Law



Bapak Menteri Teten Masduki ngelawak dikit dikira temanya "Ngetem x KUKM" Ngobrol bareng Teten Masduki Bersama Koperasi dan UKM tentang OmniBus Law itu ngetem opelet-opelet diterminal ternyata bukan genks. Pa Menteri Teten Masduki menjelaskan untuk memastikan seluruh kepentingan pelaku-pelaku Koperasi dan UMKM diperlakukan secara adil,diberikan kemudahan dalam berusaha dan dipastikan tidak boleh ada kebijakan yang di persulit.

Diskusi bersama Bpk. Teten Masduki Menteri Kemenkop


Diskusi bersama Bpk. Teten Masduki Menteri Kemenkop
KUMKM dalam Omnibus Law, melindungi dan menyederhanakan Birokrasi 

Dalam hal ini pemerintah dan DPR membahas rancangan Omnibus Law yang tujuannya untuk menghilangkan tumpang tindih regulasi dan memangkas birokrasi yang menghambat dari berbagai bidang. Koperasi dan UMKM (K UMKM) merupakan salah satu bidang yang masuk dalam Omnibus Law tersebut.

Pembahasan Omnibus Law terkait koperasi dan UMKM untuk memastikan segala regulasi yang menghambat tumbuh kembangnya koperasi dan UMKM ditiadakan. Kementerian Koperasi dan UMKM menginginkan agar entitas Koperasi dan UMKM mendapatkan keadilan, perlindungan dan kemudahan berusaha. Melalui Omnibus Law diharapkan koperasi dan UMKM akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan terciptanya pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Pada tanggal 10 Maret 2020 dengan kegiatan NGETEM X KUKM ini di Gedung SMESCO, Jakarta. Teten Masduki menjelaskan bahwa point terpenting yaitu memastikan seluruh kepentingan pelaku koperasi dan UMKM diperlakukan secara adil, diberikan kemudahan dalam berusaha dan dipastikan tidak boleh ada kebijakan yang dipersulit.

Menteri mencontohkan Omnibus Law mengatur agar investasi juga masuk ke sektor UMKM melalui kemitraan. Sehingga usaha besar tidak menggilas usaha UMKM tapi dapat bersinergi yang saling menguntungkan sekaligus meningkatkan daya saing UMKM. Dalam hal ini adapun penciptaan lapangan kerja yang dilakukan melalui pengaturan terkait dengan kemudahan,pemberdayaan, dan perlindungan UMKM paling sedikit memuat pengaturan mengenai: kriteria UMKM,basis data tunggal UMKM,pengelolaan terpadu UMKM, kemudahan perizinan berusaha UMKM,kemitraan, insentif dan pembiayaan UMKM dan kemudahan pendirian,rapat anggota,dan kegiatan usaha koperasi. Diharapkan semua hambatan yang dialami oleh KUKM tersebut akan mendapatkan terobosan dalam Omnibus Law.




Terobosan terkait UMKM yang dibahas dalam Omnibus Law terdapat beberapa point sebagai berikut : 

Point 1 Memudahkan perizinan bagi UMKM. Poin ini menyangkut kegiatan UMKM yang berdampak lingki akan dibantu pemerintah pusat dan daerah untuk menyusun AMDAL. Basis data tunggal UMK sebagai dasar pengambilan kebijakan dan menggunakan data pokok dari Kementerian/Lembaga di sistem OSS (Online Single Submission). Selain itu,kemudahan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB),merupakan perizinan tunggal yang berlaku bagi semua kegiatan usaha yang terdiri dari perizinan usaha,izin edar,SNI, dan sertifikasi jaminan produk halal.

Point 2 Memudahkan perizinan koperasi. Melalui Omnibus Law,pendirian koperasi dipermudah,dapat didirikan minimal oleh tiga orang. Tersedia pilihan pembentukan koperasi dengan prinsip Syariah. Serta koperasi dapat menjalankan usaha pada berbagai sektor.

Point 3 Membangun kemitraan bagi UMKM. Kemitraan antara usaha menengah dan besar dengan usaha Mikro dan kecil ( UMK) menyentuh bisnis inti ( core business) melalui pemberian pembinaan dan pendampingan. Serta di wajibkan penyediaan tempat bagi UMK pada tempat peristirahatan di jalan tol. Upah minimum dikecualikan bagi UMK sehingga UMK lebih kompetitif dan mendorong usaha besar bermitra dengan UMK.


Point 4  Kemudahan akses pembiayaan. Hal ini mengatur bahwa kegiatan usaha mikro dan kecil dapat dijadikan jaminan kredit program,alokasi DAK untuk mendanai kegiatan pemberdayaan dan pengembangan UMK. Ditekankan juga,lembaga pembiayaan berorientasi pada kelayakan usaha dan tidak lagi berorientasi jaminan (collateral). Dalam Omnibus Law juga mengatur kemudahan dan penyederhanaan administrasi perpajakan bagi UMK.

Point 5 akses pasar yang memberikan kepastian terhadap pemasaran produk dan jasa KUKM dalam pengadaan barang/jasa oleh pemerintah atau Kementerian/Lembaga dan BUMN.

Hasil dari KUKM 








Dalam hal ini Pak Menteri memberikan penjelasan mengenai Omnibus Law kepada pelaku UKM agar terus berkarya dan memberikan kontribusi dalam bidang UKM. Kalo bisa menciptakan ide baru agar nantinya bisa memperkerjakan atau membuka lapangan kerja yang baru untuk para pengangguran di Ibukota.





You May Also Like

16 komentar

  1. Sempat nyimak hingar bingar omnibus law, banyak point yang dibahas tentang pekerja, umkm dan masih banyak lagi. Semoga tujuannya untuk kemakmuran masyarakat. Kalau ada yg keberatan semoga pemerintah juga menerima dengan tangan terbuka

    BalasHapus
  2. Menarik pembahasannya nih. UKM kita emang perlu didorong. Semoga pemerintah terus support ya, salah satunya lewat omnibus law

    BalasHapus
  3. Semoga saja y dgn event kyk gini umkm Kita Makin maju dn terus berkembang Dan aku baru Tau ini ttg omnibus law yg yg ngeba jg umkm

    BalasHapus
  4. Suka banget deh, liat produk2 umkm itu. Unik2 dan pastinya membantu mereka jika kita membelinya, ya

    BalasHapus
  5. Omnibus Law ini bagus utuk karyawan dan pengusaha ya
    Semoga semua bisa memahami benefitnya, dan melaksanakan sesuai prosedur

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah kak bersyukur banget bisa ikut acara positif ini,kemarin sempet kiat Bazzar nya auto keracun akutu hahaha

    BalasHapus
  7. Sebenarnya aku masih belum begitu paham sama rincian kebijakan Omnibus law ini tapi apapun kebijakan pemerintah yang mendukung UMKM dan berbagai perusahaan maju ya saya dukung.

    BalasHapus
  8. memang membuka lapangan pekerjaan itu lebih baik ya, karena banyak pengangguran loh. keren banget acara omnibus law ini. apalagi kalo didukung sama pemerintah sepenuhnya. wah UMKM makin berjaya deh. semoga suatu saat Indonesia apa-apa bisa produksi sendiri dan enggak import lagi. waktunya bangkit nih, para start up!

    BalasHapus
  9. Informatif banget
    Karena sekarang banyak penolakan thd omnibus law. Penyebabnya mereka ngga baca dgn benar, langsung menolak gitu aja

    BalasHapus
  10. Adanya kemudahan perizinan dan membangun kemitraan dalam UMKM pasti bisa mendongkrak kesejahteraan pengusaha lokal kita ya mba

    BalasHapus
  11. Memang kalau diberlakukannya sebuah regulasi baru, tentu ada yang diuntungkan dan ada juga yang harus menyesuaikan. Semoga bisa diambil tindakan yang bijak yaaa :)

    BalasHapus
  12. Adanya,kemudahan perizinan dalam umkm,jadi lebih mudah saat ini untuk buka bisnis

    BalasHapus
  13. Wah salut nih dengan omnibus law, perizinan utk UMKM jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  14. Aku salfok lihat hasil UMKM nya mbak bagus-bagus banget2. UMKM memang sebaiknya terus didukung dalam rangka meningkatkan perekonomian nasional.

    BalasHapus
  15. keren dong ya mendukung UMKM dalam peningkatan perekonomian, mau buka usaha aaah supaya lebih berfaedah hidupku hehehe

    BalasHapus
  16. waaah salut banget sama hasil UMKM nya mba
    punya nilai jual tinggi. kreatif banget loh para pelaku UMKM sekarang
    aku masih no komen sama omnimburlaw hahahaha
    banyak kurang sejalan dengan pemikiran aku terutama untuk eksplorasi SDA dan SDM

    BalasHapus