Beli Rumah Pada Saat Pandemi - Black Girl

Beli Rumah Pada Saat Pandemi

by - Oktober 27, 2020

 Assalamu'alaikum

Tidak terasa hampir 7 bulan dirumah aja, pastinya ada rasa bosan dengan rutinitas sehari-hari dirumah aja. Apalagi gue yang biasa tiap weekend jalan2 baik ke mall cuma makan atau travelling tipis. Tapi tetap bersyukur aja masih tetap dikasih kesehatan, rezeki dan berkumpul bersama keluarga. Tidak terasa 3 bulan juga gue tinggal di rumah baru tepatnya bulan 4 July tinggal dirumah baru daerah Ragunan Jakarta Selatan. Ga pernah nyangka sih bisa beli rumah bersama suami setelah nikah 2.5 tahun, apalagi pas pandemi begini. Banyak pertanyaan yang positif dan negatif, itu udah lumrah yah hahaha. 


Halaman depan rumah 

Pertanyaan positif beli berapa duit harga rumah daerah jakarta selatan? Pintar mengatur keuangannya. Nanti gue kupas secara detail simak sampai selesai. Kalo pertanyaan negatifnya, kok bisa farah dan suami bisa rumah dengan harga lumayan. Kalo suami bilangnya ngepet hahaha (ya kali masih percaya begituan, alhamdulillah kita berdua selalu percaya rezeki dari Allah 😊). 

Cara mengatur keuangan demi beli rumah ala kita berdua :

1. Selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran secara detail

2. Mengurangi hedon di mall (nongkrong dan makan) 

3. Kurangi belanja, beli sesuai kebutuhan bukan hawa nafsu

4. Nabung deposito dan investasi logam mulia. Pas kurang dana gampang dicairkan

5. Mengurangi hawa nafsu travelling dengan budget yang besar. 

Begitulah kira2 mengatur keuangan gue dan suami pas mau beli rumah 2.5 tahun. Oia gue masih terbilang boros , tiap bulan minimal 2 kali beli baju hahaha. Sedangkan suami ga pernah malah gue yg sering beliin baju untuk suami. Alhamdulillah berjodoh dengan suami yang pintar mengelola keuangannya bukan berarti pelit yah.(pepatah mengatakan hemat pangkal kaya itu bener hehehe). Jadi kita berdua beli rumah dengan cash dengan luas tanah 54 meter luas bangunan kurang lebih 60 meter hanya 1 lantai saja. Pengennya sih rumah dengan luas tanah 200 meter tapi Allah baru kasih rezeki segini dulu sapa tau beberapa tahun kemudian dikasih rezeki lebih. Aamiin 


Depan teras



Dapur sekalian buat nyuci 


Kamar kedua 


Kamar Mandi 


Kamar depan 



Buat naro motor jadi kayak mini cluster 


Bangunan rumahnya baru banget semi cluster jadi sebelumnya rumahnya sekitar 250 meter dibagi 4 rumah. Daerah kebagusan deket ragunan banyak model rumah seperti ini,gue sih bersyukur bisa kebeli rumah dengan cash 540 juta tanpa membebani orangtua dan keluarga. Jadi beli rumah ini hasil kerja keras kita berdua selama 2.5 tahun, banyak yang nyinyir cari duit melulu atau ga pernah cape ikut ini dan itu hahaha. Alhamdulillah hasil ga pernah menghianati dan hasilnya bisa beli rumah tanpa cicilan. 

Cari rumah itu seperti jodoh 

Bener kata orang-orang beli rumah itu jodoh-jodohan, jadi setelah menikah suami udah mencari beberapa rumah dengan mertua bukan dengan gue. Di bulan Maret pas pandemi emang prinsip gue dari dulu setelah nikah pengen punya calon suami yang udah punya rumah hahaha (tapi Allah blm mengabulkan). Akhirnya Allah mengabulkan setelah 2.5 tahun nikah dan 2 tahun lebih tinggal sama mertua. Allah mengabulkannya gue harus bantu suami berapa persen untuk meringankan pas beli rumah hahaha. Alhamdulillah selama gue kerja kantoran punya tabungan jadi bisa bantu beli rumah, walaupun boros tapi tetap bisa mengatur keuangan. Akhirnya suami mencari di rumah123.com, pas mencari beberapa rumah dan lokasi yang masuk akal dan sesuai tabungan kita berdua rumah daerah kebagusan ini. Kalo daerah kalibata apalagi kuningan luas tanah 54 meter di pinggir jalan bisa 600 atau 700 jutaan. Oia rumah ini sebelum pandemi dibuka harga dengan 650 juta, karena pandemi harga rumahnya turun jadi 540 juta bisa disebut harga pandemi 😂. Suami kasih tau ke gue tentang rumah ini awalnya ingin pengen liat rumah dan lokasinya. Pas datang seperti kalian jatuh cinta pada pandangan pertama ke pasangan, begitu juga gue pas liat rumah ini langsung jatuh cinta. 

Niatnya hanya lihat akhirnya suami DP untuk tanda jadi, gue yang baru pertama kali dibawa sama suami lihat rumah langsung deal. Ga nyangka juga setelah suami DP besoknya ada orang yang ingin lihat rumah ini untungnya udah di DP duluan. 

Pembicaraan suami dan asisten yang punya rumah ini, pas ngobrol panjang lebar ternyata yang punya rumah ini asli betawi kebagusan dan dia banyak kontrakannya. Masyallah banget emang ga nyangka yg punya rumah asli betawi seperti suami, semoga aja beberapa tahun kemudian suami jadi juragan kontrakan kayak beliau hahaha (ngayal lagi). 




Foto OOTD didepan rumah walaupun ga gede halamannya tapi aq bersyukur udha punya rumah 


Bagian dapur langsung sinar matahari masuk jadi dapurnya kalo siang atau sore belum gelap 


Termasuk SHM 

Rumahnya termasuk SHM dan si pemilik rumahnya yang buatin SHM nya kita terima jadi dan terima bersih. Pas beli rumah gue bawel masalah surat SHM, amit2 yah sekarang kan banyak beli rumah ternyata suratnya banyak digandakan jangan sampe deh. Ternyata buat SHM itu mahal dan lama, kurang lebih pas nanya ke teman urus SHM sendiri habis 25 juta (mahal banget). 

Alhamdulillah Allah kasih kelancaran beli rumah ini karena kita ga perlu bayar lagi dan mereka yang mengurusi untuk balik namanya dan lain-lain. Akhirnya SHM baru selesai awal bulan Oktober kemaren, hampir 3 bulan SHM baru jadi. Tulisan ini pun jadi karena SHM udah jadi dan rumah ini sudah hak milik kita berdua. 

Beli rumah pada saat pandemi ini menurutku agak ribet, karena pas kemaren beli masih takut dan cemas karena beli di bulan Mei. Jadi pas pindah rumah hanya saudara dan keluarga besar untuk mengadakan pengajian. Karena pandemi tidak mengundang tetangga  untk acara selamatan rumah.



Suami lagi pendatangan Surat SHM untuk balik nama,kita terima beres 

Perlu diperhatikan pada saat beli rumah 

Beli rumah harus diperhatikan yang jual rumah salah satunya minta lihat asli SHM, klo perlu pas transaksi dari petandatanganan sampai bayar rumah di dokumentasikan. 

Kalian juga bisa beli rumah kalo ada niat, fokus, hemat dan komitmen supaya ga boros. Pokoknya catat secara detail pemasukan dan pengeluaran supaya tau yang harus ditabungkan setiap bulannya. Biasanya aku hasil kerja 50% nya ditabung dan 50% nya buat Self Reward dan belanja deh . 



You May Also Like

0 komentar