The Body Shop : Green Ramadan Hampers Yang Ramah Lingkungan - Black Girl

The Body Shop : Green Ramadan Hampers Yang Ramah Lingkungan

by - April 12, 2022

Kalo ngomongin hampers jadi teringat waktu zamannya aku masih kerja di perusahaan swasta yang sering kali bertemu klien. Momen yang selalu aku kenang pas kerja yaitu bertukar hampers dengan klien, enak yah? Alhamdulillah bulan puasa emang berkah sampai menjelang lebaran keberkahan tiada hentinya. Jadi inget aku yang memberikan ide hampers apa yah harus diberikan oleh klien. Kok Aku yang urus hampers? Iya aku dulu pas kerja banyak double job hihihi 

 


Aku selalu kasih ide hampers yang dapat memberikan manfaat, ramah lingkungan dan pastinya bagus kemasan hampersnya. Kalo klien memberikan saya biasanya yang cepat habis (alias coklat atau makanan ringan hahaha). Biasanya aku bagi-bagi ke rekan kerja atau keluarga dirumah ,yah kalo dikasih banyak hihihi. Dari 2015 sampai 2018 hampir 3 tahun aku selalu kasih ide hampers biasanya aku kasih hampers bodywash, hand wash, parfum atau skincare (itu kalo wanita) sedangkan untuk pria aku kasih parfum atau body wash aja. Yang unik dari hampers ini aku minta tolong teman yang membungkus dengan ramah lingkungan tempatnya bisa dari kayu bisa oval atau bulat dan dibungkus pake pita. Jadi tempat hampersnya bisa digunakan lagi oleh penerima hampers. 

 



Hampers dengan ramah lingkungan tercetus dari The Body Shop yang dimana setiap pembelian produk, kemasannya langsung bisa ditukar dengan point yang nantinya akan bermanfaat banget. Yang aku ketahui setiap kemasan kosong ditukar dengan point baru The Body Shop, akhirnya makin kesini beberapa mengikuti jejak The Body Shop setiap habis langsung ditukar ke counter The Body Shop dengan point. Nantinya point tersebut bisa ditukar lagi dengan produk apabila pointnya cukup untuk ditukarkan produk.

 

Sebagai pelanggan setia The Body Shop aku senang banget sekarang The Body Shop Indonesia hadir dengan sebuah kampanye bertajuk Share More Kindness with The Body Shop Green Ramadan. Kampanye ini mengajak kita menyebarkan pesan untuk terus berbagi kebaikan bagi orang tercinta, sesama dan juga semesta. Dengan semakin membaiknya kondisi pandemi saat ini, maka kesempatan mudik dan bertemu langsung dengan keluarga tercinta bisa terwujud. Selain kehadiran, buah tangan menjadi hal penting yang ditunggu-tunggu. Hantaran (gift) selalu menyertai kehadiran kita di momen besar kumpul dengan keluarga di Hari Raya. 

 

Tradisi menghantar gift juga tradisi di keluarga suami yang asli betawi, keluarganya setiap lebaran kerumah saudara, teman atau rekan kerja pasti membawa hantaran merupakan tradisi setiap tahun. Jadi kepikiran lebaran pas silaturahmi ke sanak saudara bawa hantaran paket The Body Shop supaya lebih bermanfaat untuk penerima dan berbeda seperti tahun sebelumnya. Karena The Body Shop akan dikemas dari bahan yang bisa dipakai berulang, juga tentunya produk-produk yang terbuat bahan dasar dan kemasan yang sustainable. Selain itu kita juga diajak untuk bersama-sama membangun Green Library di Makassar, Kupang dan Lombok. Nantinya anak Indonesia akan mendapatkan akses membaca buku dan meningkatkan literasi. Perpustakaan ini dilengkapi dengan recyled furniture yang berasal dari kemasan kosong yang konsumen The Body Shop kembalikan melalui program Bring Back Our Bottles dalam kerangka kampanye #KerenTanpaNyampah 

 


Menurut Bpk. Aryo Widiwardhono selaku CEO The Body Shop, yaitu di momen spesial ini ingin mengajak masyarakat untuk memaknai sebuah istilah "The Gift that Keep on Giving"  Dengan pilihan gift yang sustainable dan dukungan kita semua untuk meningkatkan literasi serta membangun Green Library, ramadan tahun ini lebih bermakna dan lebih spesial karena kita bisa berbagi bukan hanya kepada keluarga dan sahabat tercinta, tetapi juga kepada sesama dan semesta. 

 

The Body Shop merupakan salah satu brand kecantikan terkemuka di Indonesia yang selalu memperhatikan kualitas produk-produk yang ditawarkan kepada konsumen. Insiatif dalam menjaga keberlanjutan terhadap lingkungan juga terus didorong baik dari langkah-langkah yang dilakukan dalam mengurangi limbah dan polusi sampah plastik sekali pakai, hingga ajakan kepada konsumen dan masyarakat luas untuk selalu peduli dengan kelestarian lingkungan. 

 

Harga dan Manfaat Beli Hampers di The Body Shop 

 

Paling gemes kalo liat gift The Body Shop baru beberapa hari yang lalu beli hampers untuk dikirim ke saudara yang bertemakan Green Ramadan. Koleksi gift bisa didapatkan di store terdekat, melalui whatsapp https://www.thebodyshop.co.id/ramadan-hampers/create-your-own dan mobile app. Untuk harganya mulai dari harga Rp 79.000 hingga 1.239.000, termasuk kartu ucapan yang terdapat bibit tanaman di dalamnya sehingga bisa ditanam. Jadi tidak ada yang terbuang menjadi sampah", lanjut Ratu Ommaya 

 


Berdasarkan data yang diliris oleh Greenpeace di tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat jumlah sampah plastik selama ramadan rata-rata meningkat 4% setiap tahunnya. Besarnya volume sampah plastik menjadi beban bagi lingkungan mengingat tingkat daur ulang yang sangat rendah yakni hanya 9 persen secara global. Maka timbunan sampah plastik pun berpotensi terus meningkat. Berdasarkan tren historis, timbunan sampah plastik kumulatif global diperkirakan akan mencapai lebih dari 25.000 juta metrik ton pada tahun 2050.

 


Iqbal Ramadan seorang Aktor, Musisi dan Mahasiswa, mengatakan ramadan selalu memiliki makna spesial dan selalu berkaitan dengan berbagi kebaikan, dimana sangat sesuai dengan apa yang dia rasakan saat ini. Karena Iqbal saat ini sedang berada di Melbourne untuk kuliah dan jauh dari keluarga dan sahabat. Iqbal juga mengatakan dia sangat suka dari The Body Shop yaitu konsistensinya dalam melakukan inisiatif yang ramah lingkungan dan bagaimana tetap menjaga keselarasan dengan semesta melalui produk-produknya. Salah satu Gift with Purchase yang akan diterima konsumen The Body Shop berupa coaster dari kemasan kosong The Body Shop hasil kolaborasi dengan Iqbal.

 


Talkshow 

Dalam Talkshow membahas lebih detil mengenai kemitraan Body Shop dengan Taman Bacaan Pelangi untuk menjalankan program peningkatan literasi dan kepedulian kehidupan yang berkelanjutan sejak dini pada anak, serta pembangunan perpustakaan yang mengusung konsep Green Library di Makassar, Lombok dan Kupang. Program ini berlangsung mulai dari 24 Maret hingga 18 Mei 2022. Konsumen juga dapat berpartisipasi dengan melakukan donasi di kasir pada gerai The Body Shop melalui official website dan juga mobile apps. 

 


Nila Tanzil selaku Founder & Executive Director Taman Bacaan Pelangi mengatakan, " Sangat bangga menjadi Impact Partner The Body Shop Indonesia dalam usaha untuk membangun Green Library untuk digunakan oleh anak-anak di Kawasan Indonesia Timur, terutama di Makassar, Lombok dan Kupang. Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 145 perpustakaan anak dan memberikan akses buku bacaan kepada lebih dari 34.000 anak yang berusia 5-13 tahun dengan menyediakan lebih dari 250.000 buku bacaan anak dan telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 5.000 guru di Indonesia Timur. Setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi memiliki minimal 1.250 hingga 3.000 buku cerita anak-anak. Green Library ini akan dibangun 3 Sekolah Dasar yang berada di kota-kota tersebut. Lokasi ini dipilih atas dasar Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional yang diluncurkan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019, berada di provinsi yang masuk ke dalam kategori rendah. 



Kak Nila Tanzil sangat senang dengan adanya program donasi yang mendukung literasi dan kepedulian lingkungan sejak dini pada anak. Program ini akan terus berbagi kebaikan kepada sesama tidak hanya ke orang-orang yang kita cintai, kepada adik-adik kita yang inging mewujudkan mimpinya. Banyak kebaikan yang ditebar dalam Ramadan oleh The Body Shop.

You May Also Like

17 komentar

  1. Seru banget event nya.. infonya juga bermanfaat kak, jadi terinspirasi buat kasih gift ke orang tersayang..

    BalasHapus
  2. Menarik banget informasi dan event-nya yah. Apalagi ini dari TBS. Anyway, krn dia keluarin paket hampers, ga pusing lagi deh ya mau ngasi keluarga/teman terdekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak ga pusing kasih hampers pas lebaran

      Hapus
  3. Kayaknya seru banget eventnya. TBS kalo bikin konsep, apalagi yg go green gini emang gapernah gagal.

    BalasHapus
  4. Keren yaa campaign TBS ini ga hanya berbagi untuk sesama tapi untuk semesta juga

    BalasHapus
  5. Abis baca langsung kepo hampers TBS huhu membantu banget mau kirim hampers biar gak bingung

    BalasHapus
  6. Seru banget ya acaranya The Body Shop

    BalasHapus
  7. Selalu menarik body shop kalo ada campaign baru, apalagi ada hampersnya yg menarik buat dibeli

    BalasHapus
  8. Biar lebaran glowing yaa kulitnya, dikirimi hampers TBS

    BalasHapus
  9. keren banget sih campaign body shop terbaru ini, membantu anak anak untuk suka membaca, ini tentu memberikan dampak positif bagi perkembangan anak bangsa

    BalasHapus
  10. keren klo dpt hampers Body Shop pasti kepake banget, campaignnya cakep nh

    BalasHapus
  11. Dari dlu kalo beli produk body shop ga pernah failed. Bagus2 semua produknya. Aq suka pake facial wash yg tea tree, blm lagi shower gel nya yang enak2 aromanya. Ada aroma ginger yg bikin aku bisa mandi tanpa muntah saat hamil. Begitu ada hampers lebaran ramah lingkungan, makin jatuh cinta sama body shop

    BalasHapus