Dengan sedekah hidup akan merasa tenang, dengan berzakat hidup kita tidak akan berkurang - Black Girl

Dengan sedekah hidup akan merasa tenang, dengan berzakat hidup kita tidak akan berkurang

by - Mei 26, 2019

Assalamu'alaikum

Alhamdulillah semenjak aku mengenal dunia kerja setelah lulus kuliah sudah ada alarm dari orangtua, supaya gajiku minimal 5% untuk sedekah dan berzakat. Dari kecil aku juga sudah diajarkan oleh orangtuaku agar selalu berbagi dan bersedekah apabila melihat disekitar kita mengalamai kesulitan. Memasuki puasa ke 21 dan persiapan lebaran sudah sibuk dengan baju lebaran, kue kering dan beli ketupat. Selain mengeluarkan keperluan itu semua tidak lupa selalu ingat dengan mengeluarkan zakat. Kalian sudah paham pengertian zakat itu apa? Ada sebagian belum paham betapa pentingnya berzakat apalagi di bulan penuh barokah ini. 
Pengertian zakat juga banyak kalo dalam bahasa Arab zakat memiliki pengertian yaitu transliterasi. Adapun pengertian zakat yaitu membersihkan atau menyucikan. 

Bersama anak yatim dan kaum Dhuafa 

Adapun ada 2 jenis zakat yaitu : 

1. Zakat Mal : zakat harta yang dikeluarkan setiap 1 tahun sekali sesuai dengan nisab dan haulnya. 
2. Zakat Fitrah : zakat yang dikeluarkan pada saat bulan Ramadhan yang dibatasi sebelum shalat Idul Fitri.  

Biasanya aku dan suami selalu menyisihkan uang dari penghasilan masing-masing yang nantinya digabung dan akan diberikan zakat kepada yang berhak. Kami biasanya bingung cara menghitung zakat yang benar dan pas aku liat-liat sosial media dompet Dhuafa ada yang namanya Kalkulator zakat. 
Akhirnya saya menemukan Kalkulator zakat yang bisa mengatur apakah kita membayar zakat atau tidak perlu membayar. 

Dengan https://zakat.or.id/layanan-zakat/kalkulator-zakat/ kita bisa bayar melalui transfer atau online jadi semua simpel setelah bayar masuk notifikasi ke email/SMS kita. Jangan takut berzakat ataupun bersedekah apalagi di bulan Ramadhan bulan penuh keberkahan, dompet dhuafa mengajak untuk #JanganTakutBerzakat karena berzakat rezeki kita tidak akan berkurang. 

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi islam yang bersumber dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (SISWA) ,serta dana halal lainnya. Dompet Dhuafa juga dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetics socio-technopreneurship). Kami memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan.  

You May Also Like

1 komentar

  1. Zakat memperlancar usaha dan juga membantu orang lain keluar dari masalah sehingga nantinya tidak lagi tergantung pada orang lain.

    BalasHapus