Mom As The Guardian Of The Family - Black Girl

Mom As The Guardian Of The Family

by - September 25, 2019

Assalamu'alaikum

Sebelum menikah aku ga pernah memikirkan pemasukan dan pengeluaran keuangan karena belum ada beban dan tanggung jawab besar. Setelah menikah aku harus benar-benar mengatur keuangan dengan baik. Aku tipe wanita boros dan suamiku tipe hemat, kebalik yah? 🤣😂. Eits itu borosnya pas awal menikah dan setelah punya tanggung jawab aku memikirkan kapan punya rumah tinggal sendiri dan dapat menyisihkan untuk masa depan. Dalam rumah yang pegang kuat dan mengatur keuangan adalah seorang wanita.




Moms Mingle bersama Sunlife & Kumparan 

Tugas seorang wanita dirumah banyak biasa disebut superhero atau super moms bukan hanya mengurus anak dan suami, tetapi mengurus keuangan secara baik. 

Seorang ibu harus tetap ber stamina dan wajib menjaga kesehatan tubuhnya karena sosok ibulah dibutuhkan oleh anak dan suami. Beberapa ibu ada yang bekerja dikantor habis pulang kerja langsung mengasuh anak, semua harus disupport. Untuk menjaga kesehatan aku biasanya suamiku memberikan asupan vitamin dan membantu pekerjaan dirumah. Yang paling happy adalah ketika gaji bulanan yang diberikan suami, ga happy banget sih yang diberikan oleh suami untuk membayarkan cicilan (cicilan mobil, panci, rumah, motor atau apapun). Suami setiap bulan memberikan uang bulanan salah satunya aku sisihkan untuk menabung, investasi dan bayar asuransi. 

Alhamdulillah saya dapat undangan pada -hari Sabtu tanggal 14 September 2019 untuk mengatur keuangan di Kedai Kopi 89 Kemang, Jakarta Selatan bersama Sunlife dan Kumparan. 

Ada beberapa Narasumber yang hadir: 

1. Hermawan Kurnianto – Senior Digital Marketing Manajer SunLife Indonesia
2. Ila Abdulrahman – Financial Planner3. Tania Raymina – Mompreneur4. Prameshwari Sugiri – Chief Editor KumparanMOM.


Ibu Ila (Konsultan Finance)
Acara ini dapat berjalan dengan meriah dan seru pastinya tidak luput dari host cantik yaitu Kak Amy Zein. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Kak Prameshwari Sugiri selaku Chief Editor KumparanMOM yang mengajak para moms untuk mengikuti acara Moms Mingle dan pada tanggal 14 September di kedai kopi 89 acara Moms Mingle yang terakhir. Alasan kumparanMOM mengadakan event Moms Mingle ini supaya para moms aktif dan melek tentang keuangan.
Selanjutnya penjelasan singkat dari Mas Hermawan Kurnianto mengenai Sunlife. Sunlife apa sih? Adalah perusahaan asuransi yang berasal dari Kanada yang berdiri sejak tahun 1865 dan merupakan perusahaan asuransi terbesar dan tertua di dunia yang di Indonesia sendiri telah berdiri sejak tahun 1995. Tujuan Sunlife mengadakan Moms Mingle ini adalah supaya para Moms memiliki wawasan dan pengetahuan dalam hal kesehatan dan financial yang lebih baik agar dapat meneruskan generasi penerusnya.
Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan dari Mba Ila Abulrahman S.Pt. RIFA, RFC- Senior financial planner akan memberikan pencerahan kepada para Moms yang hadir di acara Moms Mingle ini. Investasi dan asuransi itu wajib punya dan harus memahami juga mengenai Investasi dan Asuransi. Alasan investasi dan asuransi wajib punya karena supaya tidak kebingungan ketika tidak punya uang lagi. Menurut OJK tahun 2017 dari 270 juta orang 12% ber asuransi, 16% memahami lembaga asuransi, 27,9% well literatur, 12,6% memiliki perencanaan keuangan. Yang dibahas kali ini adalah mulai dari :
Mba ila juga menjelaskan ciri-ciri keuangan keluarga yang sehat sebagai berikut :

1. Cash flow keuangan sehat yang terdiri dari Living cost 40%, asuransi 5%, social 10%, investasi 15% & hutang produktif 30% . 

2. Memiliki dana darurat dan asuransi, rutin menabung/investasi minimal 10%, rasio cicilan utang maksimal 35% dari income. 

3. Hiraukan dan abaikan apabila ada teman menggunakan branded semua kita pun yang biasa-biasa atau santai. 

4. Investasi wajib dengan pendidikan dan pernikahan anak, perjalanan atau rohani.

Akhir kata Mba Ila mengakhiri sharingnya “ Karena dipundak perempuan generasi selanjutnya ditentukan, juga karena hidup pada akhirnya tentang sendiri tentang ditinggalkan atau meninggalkan , maka jadilah PRIBADI YANG BERDAYA baik spiritual, personal, atau finansial “
Mom Tania Raymina seorang Mompreneur sharing tentang bagaimana beliau menjaga kesehatan agar terus bisa menjalankan bisnisnya dengan baik dan tetap mengurus keluarga yang jadi prioritas utamanya. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan, olahraga teratur, banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, pastinya menyiapkan masa depan anak-anak, keluarga dan diri sendiri dengan berinvestasi dan asuransi. Beliau sadar betul pentingnya asuransi dan investasi dalam kehidupannya sekarang dan nanti.




Senang sekali aku dapat banyak ilmu yang bermanfaat yang disampaikan dengan ringan dan santai oleh para narasumber bersama SunLife dan Kumparan. Semoga bisa berkesempatan bergabung kembali di event seperti Moms Mingle berikutnya, karena aku selalu ingin terus belajar menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk keluargaku dan orang-orang tercinta. Terimakasih SunLife dan Kumparan 
#LiveHealthierLives #MomsMingle






You May Also Like

0 komentar