Gunakan duitmu sesuai kebutuhan - Black Girl

Gunakan duitmu sesuai kebutuhan

by - Mei 19, 2019

Assalamu'alaikum


Duit...duit...duit kalimat ini setiap manusia pasti butuh duit yah,siapa sih yang ga butuh duit? Yang ga butuh duit munafik lah hahaha. Apalagi aku yang baru mulai berumahtangga pasti butuh uang yang banyak tapi pas dipikir-pikir uang banyak kalo tidak bisa mengatur keuangan akan habis. Sebelum nikah keuanganku amburadul karena aku hobby belanja baik sepatu, baju sampai tas, bukan hanya belanja untuk lifestyle tapi sampai jajan kuliner dari yang murah sampai yang mahal hahaha. Alhamdulillah setelah nikah berjumpa partner hidup yang mengingatkan atau alarm aku supaya uangnya disisihkan, ditabung atau di depositokan.  Biasanya yang menjadi menteri keuangan adalah istri kalo saya kebalik yaitu suami (pasti kalian heran dunk? Ada beberapa yg heran hahaha). 


Meditasi dulu biar ga stress 




Ruang Sana Studio yang luas bisa muat 30 orang

Akhirnya sekarang keuanganku stabil dan menjadi lebih hemat karena saya sudah menerapkan untuk deposito, salah satunya aku depositokan ke Bank OCBC NISP keuntungan dan manfaat yang diberikan OCBC banyak sekali. Pada umumnya wanita Indonesia mengalami stress karena masalah keuangan makanya makin banyak perceraian dari masalah keuangan (jangan sampai yah seperti itu). Manusiawi banget aku iri sama teman2ku yang sering bolak balik ke Eropa atau pengen tampil menawan disosial media atau depan teman-temanku. Akhirnya suami selalu memberitahu bahwa yang diliat sosial media tidak selalu bagus dan indah hidupnya, intinya harus pintar mengatur duitmu untuk masa depan.

Yang aku terapkan sekarang yaitu bisa mengatur keuanganku sendiri ,aku bangga dengan aku yang sekarang hihihi karena aku bisa menyisihkan pendapatanku yaitu :5 % sedekah/zakat, 10 % belanja hihi dan sisanya nabung buat beli rumah ,karena rumah jakarta mahal-mahal sista dan brother hahaha. Akhirnya saya semangat mencari tambahan  dan menyisihkan pendapatan saya untuk menabung dan investasi. 

Alhamdulillah aku diajak oleh Mba Alida yang baik hati untuk mendengarkan bagaimana sih mengatur duitmu dengan bijak oleh Bank OCBC NISP.  Hampir 3 kali aku diundang oleh Bank OCBC NISP untuk kali ini membahas dengan tema ' Well-thy & Wealthy ' . Bank OCBC NISP kali ini mengandeng komunitas Investashe dan SANA STUDIO mengadakan program literasi keuangan dengan konsep Wealthy & Wellness. Seru banget kali ini karena selain ngabuburit ,mendengarkan bagaimana mengatur keuangan yang sehat dan yang hadir melakukan meditasi untuk menghilangkan stress mengenai keuangan.

Survey membuktikan 6 dari 10 wanita menunjukkan sikap kurang percaya diri untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan keuangan. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menunjukkan bahwa 18.8 %  yang memahami mengenai produk perbankan dan hanya 3% yang memahami tentang keuangan.
Di acara ini juga hadir narasumber :

- Aliyah Natasya , Financial Educator Investashe
- Jucky Mariska,  Wealth Advisory Head Retail Bank OCBC NISP



Mba Aliyah memaparkan bagaimana kita bisa mengatur keuangan dan mengatur mana yang lebih penting atau butuh yang harus dibeli. 
Sedangkan mba Jucky memaparkan bahwa bagaiamana cara mengetahui profil resiko untuk investasi yang akan dipilih maka makin besar pula resiko yang ada. Setelah talkshow kami pun diajak meditasi untuk memikirkan sesuatu, kalo aku meditasi itu untuk menghayal hehehe.  Meditasi nya dipandu oleh Aprishi Alkitab, Yoga Teacher & Meditation Prcatitioner SANA STUDIO.  Sebelum melakukan meditasi mba Aprishi menceritakan sedikit pengalaman dia sebelum jadi pengajar yoga dan meditasi ini. Dia pernah bekerja di dunia kerja diperusahaan agensi dan setelah memutuskan untuk fokus jadi pengajar yoga dan meditasi dia jarang minum obat apapun badan merasa bugar dan fit. Dengan meditasi 15 menit saja pikiran kita akan fresh akan lepas stress apalagi stress mengenai keuangan hahaha. Wahh wajib dicoba nih meditasi kayak gini supaya ga doyan jajan dan belanja supaya lebih rajin makanan sehat ☺😊. 



You May Also Like

15 komentar

  1. pikiran juga musti dijaga ya mba supaya gak stress mikirin keuangan jd ngehambat produktivitas. asik juga meditasi dan berkumpul bersama orang-orang positif

    BalasHapus
  2. Wah ini pas bulan puasa, jadi dobel dobel ya.
    Dapet pahala + dapet ilmu

    BalasHapus
  3. Seringnya kita gunain duit untuk keinginan ya, harus insyaf ini mah biar punya simpanan

    BalasHapus
  4. wah kita sama mba, tim suami yg jadi mentri keuangan, kalau saya yg ngatur alamat defisit muluk dah hahaha, wah keren bgt konsep acaranya.. saya harap ada acara begini jg di Pekanbaru amin..

    BalasHapus
  5. Senang banget pas tau kalau Bank OCBC NISP kerjasama sama komunitas Investashe dan SANA STUDIO, habis itu mengadakan program literasi keuangan dengan konsep Wealthy & Wellness. Pengen ikutan akutu hehe..

    BalasHapus
  6. Seruuuu bgt acaranya.
    Bisa membuka wawasan untuk mengatur financial planning dgn lebih baik lagi yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Duh mau donk diajak juga meditasi.. heheh ilmu keuangannya juga penting banget...dan kalo gak pnter ngatur emang bisa stres kita dibuatnya

    BalasHapus
  8. habisnya kadang geretegan pas pegang uang dan barang bagus, penggennya dibeli...........................aja :D

    BalasHapus
  9. Benar sekali ini Mari kita gunakan uang kita dengan bijak sesuai dengan kebutuhan terkadang rayuan datang itu karena godaan diskon baik di online shop ataupun mall

    BalasHapus
  10. Iya, harus sabar dan ajnagn gamapang tergoda iklan, biar bisa hemat.

    BalasHapus
  11. kalau saya tuh ada kalanya sedang egoisnya
    belanja aja kerjanya
    seperti pelampiasan gitu hahaha
    tapi ini sesekali aja sih hehehe
    tp ada kalanya pelit banget
    sayang banget duit keluar

    BalasHapus
  12. Dengan belajar meditasi, bisa sugesti untuk diet juga gak siih..
    Hehehe...kadang kalau sudah punya keinginan, akutu susah dikendalikan.
    Tapi inget-inget lagi bahwa hidupku bukan cuma milikku.
    Ada anak-anak yang mulai banyak kebutuhannya.

    Karena menteri keuangan di rumahku, juga suami...kak.
    Wkkwkw...akunya boros banget.

    BalasHapus
  13. Mumet mba kalau mikirin ga punya duit ya emang ga nyelesain keadaan. Tetep aja ga punya lha wong cuma dipikirin hihi

    BalasHapus
  14. Saya sih percaya kalau pengelolaan keuangan baik maka ya akan bagus juga kehidupan keluarga.Agak sensitif soalnya :)

    BalasHapus
  15. Makasih mba Farah sudah diingatkan saya
    hehehe memang banget aku bukan pengelola keuangan yang baik hahaha

    BalasHapus