Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Anak bersama Nutriclub - Black Girl

Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Anak bersama Nutriclub

by - Juli 31, 2020

Assalamu'alaikum

Kalo ngomongin tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab besar buat para orangtua dari bayi. Mulai dari tubuhnya agar tetap sehat dan aktif sampai tingkat kecerdasan seorang anak tetap dibicarakan. Tidak dipungkiri peran orangtua untuk memastikan agar perkembangan imunitas optimal. Sistem imun yang terjaga menjadi bekal tubuh anak untuk tumbuh dan berkembang.


Seminar Digital bersama Nutriclub

Alhamdulillah aku berkesempatan untuk hadir dalam acara Seminar Digital ' Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal' yang diselenggarakan oleh Nutriclub.

Dalam Seminar Digital ini hadir 2 narasumber yaitu :
1. Prof. Yvan Vandeplas, MD, Phd selalu Head of Departement of Pediatrics.
2. Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp, A(K)


Prof. Yvan Vandeplas,MD,Phd dan Dr.dr.Ariani Dewi Widodo beserta moderator 

Dari sesi ini aku belajar bahwa ternyata sistem imun sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak. Salah satu bagian yang berhubungan dengan imunitas anak adalah saluran pencernaan, hal ini juga berhubungan dengan pembentukan fondasi masa depan bangsa yang berkualitas. Anak yang sehat dan memiliki tumbuh kembang optimal diperlukan untuk membentuk fondasi masa depan bangsa yang berkualitas. Dengan cara memberikan nutrisi kepada anak mulai dari asupan makanan atau susu. Oleh karena itu memberikan asupan makanan kepada anak harus diperhatikan karena infeksi saluran pernapasan akut dan diare menular banyak diderita oleh anak usia dibawah lima tahun dan menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak usia dibawah lima tahun.

Menurut data di Indonesia, anak balita (0-5 tahun) merupakan golongan yang paling rawan terhadap bermacam-macam infeksi. Data RISKESDAS 2018 menunjukkan bahwa infeksi dan malnutrisi masih umum ditemui. Infeksi yang umum dialami anak-anak umumnya adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare). Prevalensi anak usia 1–4 tahun yang mengalami ISPA adalah 13,7% dan diare sebesar 12,8%.

Untuk narasumber pertama yaitu : DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) merupakan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi menyatakan bawah sistem imunitas dibentuk sejak awal kehidupan dan akan berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kompleks seiring dengan pertambahan usia anak. Sistem kekebalan tubuh dapat terjadi dari faktor dari lahir atau setelah lahir. Berikut paparan Imunitas sendiri dibagi 2 yaitu :

1. Segera sifatnya yang dibawa dari lahir seperti fisik, mekanisme pertahanan dan respon umum. Kalo fisik seperti kulit dan bulu mata. Mekanisme pertahanan seperti air ludah, keringat dan air mata. Sedangkan respon umum meliputi radang dan sel darah putih. 

2. Sedangkan adaptif (di dapat) sifatnya setelah lahir dinamakan antibodi. ⁣Antibodi itu artinya kalau kita ada paparan terhadap suatu respon dan badan kita akan selalu inget respon beberapa waktu ini dinamakan immunoglobulin. Jadi kalo terkena penyakit tertentu kita tidak mudah terkena beberapa waktu.


Dr.dr. Ariani Dewi Widodo,Sp,A (K)

Bagaimana perkembangan imunitas seorang anak itu pada saat lahir belum berkembang sempurna,imunitas ini masih lemah. Imunitas ini akan berkembang pada saat berjalannya usia kita,sistem Imun juga bisa terkena atau dihantarkan oleh ibunya. Seperti ibunya terkena campak,oleh karena pemberian vaksin campak pada usia 9 bulan.

Imunitas dalam mendukung tumbuh kembang anak seperti nutrisinya apakah meyertai penyakit yang menyertai anak,nutrisinya baik tidak akan terkena penyakit. Sistem Imun yang tidak baik akan mengganggu aktivitas seorang anak seperti males ke sekolah maupun males belajar. 

Nutrisi dan Imunitas di Indonesia : 
Data di Indonesia pada tahun 2019
. >7 juta anak di bawah 5 tahun mengalami stunting.
. > 2 juta anak di bawah 5 tahun mengalami wasted (gizi buruk).
- Disisi lain : 2 juta anak mengalami obesitas
Sekitar 1 dari 4 anak mengalami anemia karena kekurangan vitamin dan mineral esensial. 



Kesehatan Saluran Cerna pada anak itu penting,seberapa nutrisi dan asupan yang masuk dalam tubuh apabila Saluran Cerna itu penting dan mempengaruhi sistem Imun seorang anak. Kenapa Saluran Cerna itu penting? Karena 60-70% sel imun letaknya Ada di saluran cerna, makanya orangtua memperhatikan Saluran Cerna si anak kalo bermasalah percuma nutrisi yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu asupan baik untuk Saluran Cerna,konsumsi makanan yang mengandung prebiotik. 

Mengapa Mikrobiota Usus penting? 

Karena usus yang sehat mengandung komposisi yang seimbang dari mikroba usus yang bermanfaat bagi tubuh : 
. Membantu Tubuh mencerna beberapa Makanan.
. Menghasilkan beberapa vitamin cth: B12 ,folat dan K
. Regulasi metabolisme energi
. Melawan mikroorganisme patogen
. Memberi sinyal untuk tumbuh kembang dan fungsi sistem Imun. 
. Komunikasi Gut-Brain Axis

Ketidakseimbangan Mikrobiota Usus berhubungan dengan yaitu : 
- Asma dan alergi
- Infeksi 
- Obesitas dan kelainan metabolik
- Kelainan pencernaan 
- Inflammatory bowel disorder
- Perilaku menyimpang dan autisme

Oleh karena itu Saluran Cerna yang baik pemberian nutrisi, pemberian probiotik dan prebiotik pada anak. Probiotik artinya mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada didalam usus. Fungsinya untuk kesehatan secara keseluruhan, kesehatan Saluran Cerna dan meningkatkan imun. Sedangkan Prebiotik artinya senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus. Fungsinya suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. 

Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi  seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” ungkap dr Ariani.

Untuk penjelasan berikutnya oleh Yvan Vandeplas,MD,PHd. Adapun nutrisi khususnya  peran besar dalam menentukan keseimbangan mikro bioma yang ada didalam usus loh! ⁣
Salah satu nutrisi yang perlu mampu membantu mendukung daya tahan tubuh sang anak adalah dengan konsumsi kombinasi prebiotik FOS dan GOS nih.




 Prof. Yvan Vandeplas,MD,PhD 

Lebih jauh mengenai mikrobioma, di kesempatan yang sama, Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. memaparkan bahwa mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini.
Mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobiota usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Untuk itu, keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria harus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik,” papar Prof. Yvan mengenai penelitiannya.

Penelitian menunjukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma yang ada di dalam usus. “Lebih spesifik, prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.  Konsumsi susu pertumuhan yang mengandung FOS dan GOS juga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. ” ungkap Prof. Yvan.

⁣Berikut paparan dari 2 narasumber yang bermanfaat mengenai tumbuh kembang anak secara optimal. Dikatakan oleh Bpk. Arif Mujahidin selaku Coorporate Communication Director Danone Indonesia yang dimana Imunitas dan Nutrisi begitu penting karena anak2 bagian dari kita, anak2 yang menjadi kita dikemudian nanti bagi penerus kita. Manusia membutuhkan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh, nutrisinya si kecil dan bisa diserap oleh tubuh.


Bpk. Arif Mujahidin

Para orang tua bisa mendapatkan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang dan ilmu parenting lainnya dengan mengunjungi www.nutriclub.co.id,” tutup Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.




You May Also Like

45 komentar

  1. Jadi banyak tahu kini tentang imunitas dn seluk beluknya. Selain ada yang bawaan lahir ternyata ada juga yang bisa di kondisikan yah

    BalasHapus
  2. Memang betul banget, kesehatan itu dimulai dari saluran pencernaan ya. Untuk menyerap gizi agar sempurna terdistribusi ke seluruh tubuh, kesehatan saluran cerna anak harus dijaga.

    BalasHapus
  3. baca artikel ini sangat detail dan sangat bermanfaat buat saya mba, even saya belum punya baby tapi ini sangat bermanfaat buat bekal saya kelak kalau punya baby yang kaitannya sama imunitas anak-anak dan pencernaan gitu sangat penting untuk jadi perhatian, dna happy banget dapat sharing knowledge langsung dari para ahlinya ya mba Fara, izin save ya artikelnya mba

    BalasHapus
  4. Baca tulisan kakak aku jadi banyak tau ttg imunitas, apalagi pentingnya imunitas hingga lancarnya pencernaan buat anak. Apalagi melalui tulisan kakak aku dapat informasi dari narasumber yang berkompeten

    BalasHapus
  5. Aku juga concerns banget sama gizi anak2ku soalnya klo bukan aku dan suamiku siapa lagi yang penting nutrisi terpenuhi dan minum susu itu penting banget deh.

    BalasHapus
  6. Benar sekali mbak..
    Pemenuhan gizi anak harus selalu mendapat perhatian pertama ya mbak

    BalasHapus
  7. Ternyata penting banget untuk para ibu mengetahui hal ini. Karena masih banyak sebagian ibu yang belum paham mengenai nutrisi yang tepat untuk anak mereka.

    Apalagi dengan cuaca yang sering berubah ubah,daya tahan atau imunitas anak yang akan menjaga agar tetap selalu fit.
    Hem,,pastinya dengan nutisi yang terbaik serta rutin minum susu ya.

    BalasHapus
  8. Keren banget ya nutriclub ini ya mba farah, selalu memberikan pemahaman dan edukasi parenting yang bikin ilmu nambah. Itung2 persiapan buat nanti kalau sudah bekeluarga hehe

    BalasHapus
  9. jadi banyak belajar tentang imunitas dan tumbuh kembang anak, ilmu yang berguna banget buat nanti kalau sudah siap punya anak

    BalasHapus
  10. keren nih Nutriclub kita jadi dapet tambahan pengetahuan juga pastinya..

    BalasHapus
  11. Iya nih benar sekali. Anak anak umur 1-5 tahun memang rentan sekali dengan infeksi khususnya ISPA. Anak-anak juga kalau sakit diagnosanya ISPA. Kalau diare meski menyerang anak 1-5 th alhamdulillah anak-anakku jarang. Memang nutrisi penting banget ya buat jaga imunitas.

    BalasHapus
  12. Wow sebegitu pentingnya kesehatan saluran pencernaan ya, apalgi buat balita yang beneran perlu dijaga. Ngeri juga efek samping dari ketidakseimmbangan Mikrobiota, menjaga imunitas anak sejak dini dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Semoga anak2 kita selalu sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masih banyak yang kurang aware ya Teh kalau kesehatan itu ternyata bermula dari saluran pencernaan. Ini yang harus disebarluaskan di masyarakat.

      Hapus
  13. Betul sekali. Kalau pencernaannya sehat, tumbuh kembang anak akan lebih optimal, ya

    BalasHapus
  14. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ya Mak.
    Anak kudu dibekali nutrisi paripurna
    Supaya imunitas tubuhnya baik.

    BalasHapus
  15. Jadi, kalau anak sedang kurang fit, mesti cek pertama kali adalah kondisi saluran cernanya yaa..
    Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan sesuai usianya, maka imun anak-anak akan bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah~
      Mempersempit tracking kala anak sedang kurang sehat.
      Panduan dari Nutriclub.

      Hapus
  16. Iya benar sistem imun sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak dan kesehatan saluran cerna memegang peranan penting dalam hal ini.

    BalasHapus
  17. Danone emang concern banget deh sama kesehatan keluarga indonesia, kayanya tiap minggu selalu ada webinar kesehatan ya kak.

    BalasHapus
  18. Seminarnya walaupun online tapi bermakna banget. Semoga ada kesempatan ikutan webinar Nutrilon lagi

    BalasHapus
  19. Imunitas tubuh memang penting skali. Apalagi buat anak-anak. Kalau mereka sakit, duuuuuh kita yang bingung dan ribet.

    BalasHapus
  20. Jadi nambah ilmu lagi nih tentang imunitas anak. Penting sekali ternyata kesehatan saluran cerna ya. Jadi memang harus diperhatikan betul nutrisi anak agar sehat dan tumbuh kembangnya bisa optimal.

    BalasHapus
  21. Komplit nih bahas imunitas anak. Senang deh jadi dapat ilmu baru.

    BalasHapus
  22. Imunitas dan nutrisi penting banget untuk pertumbuhan anak. Karena anak adalah generasi penerus kita. Tentunya sebagai orang tua aku pun ingin Anakku terjaga imunitas dan nutrisi nya. Apalagi kesehatan saluran pencernaan yah. Terimakasih informasinya lengkap nya nih :)

    BalasHapus
  23. wah aku baru tau penelitian menunjukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma yang ada di dalam usus :D terimakasih atas informasinya ya kak

    BalasHapus
  24. Saluran cerna anak itu ngaruh ke banyak hal ya, termasuk imunitas dan perkembangan anak. Makanya menjaga nutrisi baik untuk tubuh anak itu penting banget ya

    BalasHapus
  25. Walau di rumah, seneng ya mbak tetap berkesempatan untuk menimba ilmu. Pengetahuan yang sangat bermanfaat ini, terutama bagi yang memiliki balita. Karena setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya

    BalasHapus
  26. Yah anak-anak emang mudah banget terserang masalah pencernaan. Dan baru tahu bahwa salah satu penyebabnya karena sel-sel usus mereka masih renggang. Jadi bermanfaat banget ini untuk saya Mbak :)

    BalasHapus
  27. Peran orangtua untuk update masalah parenting agar bisa menghasilkan generasi anak bangsa sehat dan kuat. Apalagi dimasa sekarang ini. Terjaga imunitas si kecil

    BalasHapus
  28. Nutrisi untuk imunitas menjadi kunci utama dalam tumbuh kembang anak. Sehingga penting diperhatikan sehingga akan tumbuh generasi yang sehat di masa depan

    BalasHapus
  29. Segala sesuatu memang dimulai dari pencernaan tidak hanya anak-anak tapi anak-anak lebih rentan terserang gizi buruk jika pencernaannya kurang bagus. Terima kasih sharingnya ya Mbak Farah

    BalasHapus
  30. Ilmu parenting kek gini penting untuk digali terus lebih banyak sebagai masukan dan pengetahuan bagi orangtua, dan calon orangtua

    BalasHapus
  31. Ternyata efek kekurangan nutrisi ngaruh juga pada ketidakseimbangan mikroba dalam usus ya. Sampai gangguan obesitas juga ternyata. Seneng ya bisa ikut event kopdar yang bergizi bareng Nutriclub

    BalasHapus
  32. Seneng lihatnya, walau di rumah bisa tetep update ilmu. Pengetahuan baru nih buat aku yang belum jadi ortu, kalau memenuhi gizi anak itu paling utama. Apalagi urusan pencernaan, kerasa sih sama aku yang orang dewasa kalo pencernaannya bermasalah itu repot banget.

    BalasHapus
  33. Belum punya baby, semoga setidaknya saat dah dikasih kepercayan jadi tahu dan siap dipraktekkan
    Kalau sistem pencernaan anak itu memang daerah sensitif ya mbak. Tapi, jika kita bisa kasih nutrisi, prebiotik, hingga probiotik yg baik utk si kecil, dampaknya pun juga akan baik. Termasuk utk pembentukan imun tubuh anak ya,

    BalasHapus
  34. Tugas para orang tua memastikan anak-anak imun terhadap berbagai jenis penyakit ya Mbak. Tentu dengan pemberian nutrisi yang tepat dan juga imunisasi.

    BalasHapus
  35. Wuih seru banget nih acaranya. Dan setuju, nutrisi yang bagus adalah kunci tumbuh kembang yang optimal bagi anak, ya. 👌

    BalasHapus
  36. senangnya bisa dapet banyak informasi ttg nutrisi anak dari Nutriclub ya... Ibuk jadi lebih banyak pilihan untuk memastikan kbutuhan nutrisi terpenuhi.

    BalasHapus
  37. Setuju kak, kalau imunitas itu berawal dari kesehatan saluran cerna, suka banget sama materi parenting seperti ini kak. Jadi banyak pengetahuan yang tadi nya belum kita ketahui

    BalasHapus
  38. Imunitas berasal dari nutrisi yang sehat dan seimbang ya mbak. Apalagi untuk anak-anak

    BalasHapus
  39. Kudu wajib di save nih informasi tumbuh kembang anak ya. Penting banget buat brain masa depannya anak juga

    BalasHapus
  40. jadi ibu memang kudu belajar terus ya, mbak. perlu paham mikro dan makro nutrien plus perlu teliti dengan kandungan nutrisi yang masuk ke anak :D

    BalasHapus
  41. Aku jadi banyak tau tentang imunitas anak, penjelasan nya detail aku jd nyatetin yang penting

    BalasHapus
  42. imunitas dan nutrisi harus berbarengan ya mba
    penting banget hal ini diketahui oleh kaum ibu khususnya ortu
    semua itu demi generasi yang sehat, cerdas dan tumbuh sempurna ya

    BalasHapus