Memilih Investasi Di Amartha Karena Sudah Terdaftar OJK dan Membantu Pelaku UMKM - Black Girl

Memilih Investasi Di Amartha Karena Sudah Terdaftar OJK dan Membantu Pelaku UMKM

by - Juni 28, 2022

Assalamualaikum 

Mengelola keuangan dimulai dari hati dan niat, karena kalo tidak konsisten dan komitmen akan berantakan dan tidak beraturan kedepannya. Saat ini aku sudah memulai mengelola keuangan dengan baik dikarenakan meniru cara suami dalam mengelola keuangan. Sebelum menikah dan kerja tetap sebagai karyawan gajianku tiap bulan hanya untuk travelling, shopping fashion dan kuliner tidak memikirkan kedepannya. Alhamdulillah saya berjumpa dengan pasangan yang mengingatkan untuk mengelola keuangan dengan bijak dan baik. Dia mengajariku cara pemasukan dan pengeluaran secara detail belum tahap investasi, deposito, reksadana apalagi saham. 

Setelah aku mengatur dan mencatat semua pemasukan penghasilanku sendiri dan pengeluaran ,suami mengajariku mengenai investasi yang aman dan terjangkau. Dikarenakan saya sudah resign dari kerja kantoran sejak 2019 akhirnya suami menyuruh saya untuk investasi Logam Mulia atau Perhiasan. Setelah itu akhirnya aku rajin untuk investasi mengenai Logam Mulia dan Perhiasan, bukan hanya investasi tetapi aku deposito juga di 2 bank dan bermain reksadana baru mulai 2 bulan kemaren. Aku paling antusias kalo membicarakan mengenai investasi, deposito yang menguntungkan walaupun tidak besar tetapi aman dan data kita juga tidak disebarluaskan dengan sembarangan. Zaman digital saat ini agak ringkih dan takut apabila ada pinjaman, investasi atau sejenisnya dengan mudah apalagi langsung banyak untungnya perlu diwaspadai. 

Tanpa mikir panjang ketika ada undangan bersama teman Moms Blogger lainnya untuk hadir di event Blogger Gathering with Amartha dengan tema " Impact Investing and Investment Literacy" di Harris Suite fx Sudirman Jakarta pada hari Sabtu lalu tanggal 25 Juni 2022. 


Event tersebut juga hadir beberapa narasumber yaitu : 

- Anisa Aprilia (Ica)- CFP ( Certified Financial Planner )

- Rezky Warni (Tya) - AVP Marketing Amartha 

Mba ica menjelaskan mengenai salah satu investasi peer-to-peer (P2P) Lending Microfinance Marketplace. Microfinance Lending merupakan pendanaan atau pinjaman pada usaha skala mikro yang memiliki keterbatasan akses pendanaan pada lembaga keuangan formal. Jadi Pendanaan untuk usaha skala mikro ini dapat dilakukan pada microfinance marketplace. Jadi investor yang memberikan pendanaan pada usaha skala mikro tidak semata-mata hanya mencari keuntungan tetapi juga memberikan dampak positif masyrakat dan lingkungan. Mba ica juga memberikan beberapa tips dalam memilih peminjam yang akan didanai melalui Lending Marketplace dan tips memilih Microfinance Marketplace yang aman. 

Terdapat tips2 memilih Peminjam untuk didanai melalui Lending Marketplace yaitu : 

- Pahami mekanisme credit scoring, pilih sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan

- Pelajari informasi peminjam dan profil bisnis, buat SWOT analisis termasuk risiko pendanaan, bandingkan risiko dan imbal hasil atas peminjam dengan grade yang sama

- Pelajari track record pinjaman, apakah lancar atau tidak

- Bagi pemula, dapat memilih peminjam yang bisnisnya sudah lebih daripada 1 tahun

- Pilih manfaat pinjaman yang sesuai dengan perferensi bisnis 

- Jika laporan keuangan tersedia, pelajari sales, laba, total utang dan lain-lain. Lalu bandingkan rasio keuangan antara peminjam dengan grade yang sama. 


Adapun ada tips memilih Microfinance Marketplace sebagai berikut : 

- Bagi Pendana

1. Terdaftar dan memiliki izin usaha OJK

2. TKB90 min 90%

3. Transparansi mengenal sistem credit scoring, informasi peminjam, latar belakang, tujuan pinjaman dan lain-lain.

4. Sesuaikan nominal investasi dengan jangka waktu dan profil risiko

5. Memilih marketplace yang memiliki mitigasi resiko.

- Bagi Peminjam 

1. Terdaftar dan memiliki izin usaha OJK

2. Proses pinjaman, bunga, tenggang waktu, denda dan informasi lainnya disampaikan dengan jelas

3. Memiliki kontrak perjanjian

4. Memiliki CS dan sistem yang transparan

5. Tidak membebani dengan bunga tinggi (max 0.4 % perhari per Oktober 2021)

6. Terdapat program pendukung lain. 


Untuk narasumber kedua hadir Rezky Warni (Tya) selaku AVP Marketing Amartha, beliau memperkenalkan sebuah aplikasi yaitu Amartha yang merupakan platform layanan finansial peer- to peer (P2P) yang berbasis online di Indonesia. Amartha sendiri sudah terdaftar di OJK dan memberikan pendanaan untuk UMKM yang berada di pedesaan. 

Ibu Tya menjelaskan Amartha sebagai aplikasi fintech yang memfasilitasi pemilik modal atau investor dengan pelaku UMKM. Amartha juga mengajak generasi milenial untuk memulai investasi dengan prinsip impact investing. Impact investing atau pendanaan berdampak adalah strategi investasi yang menghasilkan keuntungan sekaligus menciptakan sosial dampak positif untuk sosial dan lingkungan. 

Amartha memiliki jaminan pendanaan dengan asuransi dan integrasi di lapangan. Investor di marketplace fintech Amartha akan memperoleh imbalan bagi hasil flat hingga 15% pertahun. Jadi harga saham di pasaran anjlok atau melambung untuk pembagian hasil di Amartha tidak terpengaruh. 

Cukup bermodalkan 100 ribu rupiah sudah bisa melakukan pendanaan di marketplace fintech Amartha. #AyoModalinUMKM dengan #MenjadiAmartha berarti kita ikut serta dalam membantu #PerempuanTangguh dengan #100RibuSejutaPeluang. Karena pendanaan untuk UMKM ini diperuntukkan para perempuan tangguh agar mereka bisa membantu perekonomian keluarga. 

Pelaku UMKM 

Adapun fitur terbaru dari Amartha yaitu Blog Money + dan Fitur di Money+

Blog Money + adalah majalah daring yang dikelola oleh tim Amartha yang dikelola oleh tim Amartha yang menyajikan banyak informasi terupdate dan terlengkap. 

Adapun di dalam Topik Blog Money+ sebagai berikut : 

- Keuangan millenial berisi tips investasi, perencanaan keuangan dan lain-lain

- Gaya hidup dan tips seputar perkembangan sosial bagi generasi milenial

- Teknologi dan berita startup dibidang fintech dan tren teknologi terkini

- Karir, tips berwirausaha untuk UMKM dan juga cerita perempuan inspiratif

Fitur di Money+ terdapat Money+ Quiz : Subscriber bisa ikutan kuis bulanan di Money+ dan memenangkan hadiah menarik. Dan 1 lagi terdapat punya artikel yang ingin ditayangkan di Money+? Bisa banget ada komisi buat kamu yang terpilih. 

Keuntungan Menulis di Money+

- Bisa dapatkan komisi hingga IDR 300k peratikel 

- Wadah publikasi ide kamu di website blog yang sudah kredibel

- Berkesempatan untuk mengikuti field trip gratis, kunjungan ke desa Amartha


Kalian pengen tau lebih lengkap mengenai Amartha bisa kunjungi situs resmi Amartha dan bisa bergabung di Blog Money+ Yuk mulai berinvestasi di Amartha untuk pembantu perempuan tangguh di seluruh desa dan jangan lupa untuk follow instagram Amartha. 









You May Also Like

1 komentar

  1. Adik saya kebetulan lagi merintis usahanya dan perlu suntikan dana modal, semangat para pejuang UMKM

    BalasHapus