Ajak Milenial Berwakaf Dalam Pasar Modal Bersama Wakaferse Dompet Dhuafa dan IDX - Black Girl

Ajak Milenial Berwakaf Dalam Pasar Modal Bersama Wakaferse Dompet Dhuafa dan IDX

by - November 06, 2023

Berinvestasi di era zaman digital ini banyak diminati mulai dari orang dewasa sampai generasi milenial. Berinvestasi saham di pasar modal salah satunya yang banyak diminati oleh generasi milenial, tetapi kita juga harus tau cara berinvestasi di pasar modal melalui youtube, instagram atau platform yang mendukung tips cara berinvestasi di pasar modal dengan baik.


Jadi teringat obrolan aku bersama suami mengenai ingin investasi saham di pasar modal, dia menyarankan untuk mempelajari cara investasi di pasar modal seperti apa dan juga harus cukup pengetahuan mengenai investasi saham di pasar modal. Dikarenakan pengalaman teman saya ada yang mengalami kerugian karena minim pengetahuan dan literasi mengenai keuangan akibatnya tidak yang diharapkan. Dalam hal ini aku juga masih minim untuk investasi saham di pasar modal, oleh karena itu aku hadir dalam talkshow Wakaferse bersama Dompet Dhuafa dan Indonesia Stock Exchange /Bursa Efek Indonesia pada hari Jumat tanggal 3 November 2023 dengan tema " Milenial Berwakaf Dalam Pasar Modal : Cerdas Spritual, Cerdas Financial. Yang diadakan di Ruang Seminar Gedung Bursa Efek Indonesia yang dihadiri oleh beberapa narasumber, Media, Blogger dan Mahasiswa. 

Sebelum sesi Talkshow dibuka oleh Moderator yaitu Bapak Bobby P. Manullang selalu General Manager Wakaf Dompet Dhuafa yang memperkenalkan para narasumber yang akan membahas Wakaf Saham, yaitu : 

1. Rahmad Riyadi, selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika

2. Irwan Abdalloh, selaku Kepala Divisi Pasar Modal Syariah

3. K.H Izzudi  Abdul Manaf, Lc. M.A.Ph.D selaku Dewan Pengawas Syariah Yayasan Dompet Dhuafa Republika 

4. Friska Devi Co Founder Ngerti Saham, KOL Milenial 

5. Zainal Falah, selaku Sekuritas Syariah- Heads of poems (Philips Sekuritas

Bapak Bobby menjelaskan Wakaf bukan hanya mengenai makam, masjid dan madrasah tetapi wakaf saat ini yang harus produktif dan manfaatnya dalam jangka panjang. Wakaf juga tidak harus menunggu banyak uang tetapi mengetahui kelola keuangan kita. Oleh karena itu apa tujuan dan arti wakaf sebenarnya? 


Rahmad Riyadi- Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika 

Arti Wakaf yaitu menahan harta yang dapat diambil manfaatnya tanpa menghabiskan atau meneruskan bendanya dan digunakan untuk kebaikan. Fungsi Wakaf dapat mewujudkan potensi dan manfaat ekonomi harta benda wakat untuk kepentingan ibadah dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum. 

Talkshow kali ini membahas Wakaf Saham di Pasar Modal yang dimana Dompet Dhuafa bersama IDX (Indonesia Stock Exchange) berkolaborasi dengan Wakaferse dalam peningkatan awareness serta Campaign Wakaf melalui Capital Market. Yang tujuannya agar masyarakat dan Milenial lebih paham mengenai Wakaf lewat saham dan Investasi. 

Wakaf Identik peruntukan untuk peribadahan saja, seperti membangun masjid, madrasah hingga makam. Potensi Wakaf di Indonesia bisa mencapai Rp. 2.000 triliun per tahun serta terdapat potensi dalam bentuk Wakaf uang sebesar Rp 188 triliun. Berbagai program dengan pengembangan Wakaf dapat diimplementasikan ke dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial dan dakwah. Dompet Dhuafa meluncurkan Wakaferse untuk mendorong inisiatif Wakaf masyarakat seluas-luasnya. 

Irwan Abdalloh, selaku Kepala Divisi Pasar Modal Syariah menjelaskan bagaimana peran Indonesia Stock Exchange terhadap perkembangan Wakaf serta model berwakaf yang bisa di jalankan melalui instrumen Pasar Modal Syariah? Menurut beliau berdasarkan data pertumbuhan rata-rata 2000-2023 aset Wakaf saham itu tumbuh 7.34%. Khususnya di 2023 tumbuhnya 2.01% walaupun kecil tapi lumayan ada pertumbuhan. Beliau juga mengatakan untuk kaum milenial ingin berwakaf tidak ada nominal dan Wakaf saham juga sudah dijelaskan oleh MUI diperbolehkan. Kalo nunggu Wakaf masjid atau tanah bisa menunggu lama, jadi saat ini yang pas untuk generasi Milenial untuk Wakaf saham bersama Wakaferse. 

Untuk generasi Milenial juga hadir Friska Devi Co Founder Ngerti Saham yang sharing mengenai awalnya terjun di dunia saham. Yang dimana dia awalnya di saham sejak mahasiswa. Dia mulai belajar literasi investasi dengan cara mengatur keuangan dengan membuat 2 rekening terpisah yang isinya untuk investasi 10% dan sisanya untuk transaksi. Dipastikan jika ingin investasi uang yang diinvestasikan jangan digabung dengan uang yang lainnya, kalo tidak bisa mengalami kegagalan di tengah-tengah. 

Begitu juga menurut Zainal Falah, Sekuritas Syariah -Heads of Poems ( Philips Sekuritas), yang dimana kalo ingin berwakaf bisa melalui wakif harus menjadi investor dengan membuka aplikasi poems dan membuat akun untuk menjadi investor selanjutnya bisa mulai berwakaf. Para investor melakukan transaksi wakaf saham dengan perusahaan sekuritas, yang dimana keuntungannya berasal dari pengelolaan saham syariah oleh pengelola investasi disetor ke lembaga Pengelola wakaf seperti Dompet Dhuafa. Jadi untuk investor tidak perlu bingung jika ingin berwakaf di perusahaan sekuritas karena sudah bisa ke Dompet Dhuafa. 



Dompet Dhuafa terus mengajak peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong untuk merampungkan berbagai program diantaranya: 

- Pesantren Tahfidz Green Lido yang berdiri di atas lahan wakaf seluas 2.6 hektar di daerah Lido, Sukabumi. Yang dimana proses belajar menghafal Alquran di E-Tahfidz School Dompet Dhuafa menjadi gambaran program belajar di Pesantren Tahfidz Green Lido nanti. 

- Rumah Sakit berbasis Wakaf yang dikelola secara produktif dan siap membantu melayani masyarakat terutama pasien Dhuafa. Dompet Dhuafa mengcampaign Wakaf Ambulans yang diharapkan Ambulans ini dapat dengan cepat membantu penangananan darurat pasien di 7 Rumah Sakit Dompet Dhuafa maupun masyarakat yang membutuhkan. 

- Wakaf Sumur adalah program wakaf sosial dakwah yang bertujuan untuk membantu masyrakat mendapatkan air bersih ditengah kekeringan dan kemarau panjang. 

- Terakhir Wakaf Masjid Pelosok adalah Program bedah/renovasi masjid atau surau yang tidak layak di pelosok agar dapat berfungsi maksimal untuk masyarakat beribadah. 


Melalui Gerakan Wakaferse ini kalian bisa berwakaf mulai dari Rp. 10.000 dan dompet dhuafa bersama IDX berkolaborasi untuk peningkatan Wakaf melalui capital Market. Karena dengan berwakaf sekecil apapun pahala akan mengalir terus sampai sudah tiada. Semoga kita selalu diberikan kelimpahan rezeki agar semangat untuk berwakaf sejak muda. Aamiin 


You May Also Like

0 komentar