Yuk Imunisasi anak supaya bertumbuh cerdas dan aktif - Black Girl

Yuk Imunisasi anak supaya bertumbuh cerdas dan aktif

by - April 24, 2019

Assalamu'alaikum

Imunisasi kalo ngomongin didepan adik ipar pasti aku suka berdebat masalah istilah imunisasi untuk anak. Alasan kenapa berdebat tentang imunisasi karena adik ipar percaya bahwa imunisasi itu tidak halal (mengandung B2) . Daripada saya males berdebat akhirnya saya kasih paparan dari Kemenkes mengenai Imunisasi itu tidak haram. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk menghadiri acara bersama blogger lainnya dalam Tema " Temu Blogger Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2019 ".  Dalam acara tanggal 15 April 2019 di Hotel Wyndham aku diundang untuk memberikan atau mengedukasi tentang imunisasi kepada masyarakat yang paling penting ke adik iparku. Acara tersebut dihadiri narasumber : Dr. Cissy Kartasasmita, Sp. A selaku ketua Satgas Imunisasi PP IDAI, drg. R. Benaya Sitohang, M. Episode selaku Direktur Survei lansung dan Karantina Kesehatan Kemenkes RI dan Dr. HM Assuron Ni'am Sholeh, MA selaku Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat. 

Temu Blogger Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2019

Imunisasi itu wajib buat anak 
Imunisasi dibagi menjadi dua yaitu :
Mengapa Imunisasi diperlukan? 
Acara ini dibuka dengan penjelasan dari Dr. Cissy Kartasasmita yang menjelaskan tentang Imunisasi. Latar belakang Pekan Imunisasi Dunia (PID), World ImmunMengapa Imunisasi?  Karena untuk pencegahan paling cost effective, selain dapat mencegah penyakit diri sendiri tetapi juga dapat melindungi sekitarnya. Tujuan imunisasi bagi anak menurunkan kesakitan dan kematian akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi ( PD3I).


- Imunisasi pasif : Pemindahan/transfer antibodi ke dalam tubuh.
-     Imunisasi aktif : Tindakan untuk merangsang pembentukan antibodi dalam tubuh dengan cara memasukkan vaksin yang berisi antigen (kuman/bagian kuman yang dilemahkan atau dimatikan) yang berfungsi untuk merangsang terbentuknya kekebalan dalam tubuh.

-      Menghasilkan kekebalan (imunitas)
- Infeksi alamiah akan menimbulkan kekebalan.
-     Imunisasi meniru kejadian infeksi alami .
- Tubuh membentuk kekebalan melalui pertahanan non spesifik dan spesifik.
- Mencegah Penyakit yang menyebabkan kematian dan kecacatan.
-    Memenuhi kewajiban hak anak.

Oleh karena itu Imunisasi sangat dibutuhkan bagi anak agar mengurangi penyakit atau kekebalan tubuh. Dari penjelasan tentang Imunisasi Kemenkes juga menginformasikan kepada teman-teman blogger bahwa Kemenkes ada beberapa kegiatan antara lain :


1. Lomba karya tulis ilmiah oleh profesi pada Februari- M1 April 2019 
2. Lomba mewarnai dan story telling tentang imunisasi disekolah-sekolah pada bulan Maret- April di DKI Jakarta
3.Peringatan Puncak Pekan Imunisasi Dunia 2019 pada tanggal 23 April 2019
4.Mobilisasi massa seperti melakukan senam sehat dengan latar belakang kantor Dinas Kesehatan, Puskesmas atau Lapangan terbuka. kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh daerah pada akhir pekan setelah puncak perayaan Pekan Imunisasi Dunia 2019- Tanggal 26 April 2019.
5.Jalan sehat bersama keluarga di Lapangan Monas tanggal 28 April 2019.
6.Temu ilmiah bersama IDAI pada tanggal 30 april 2019

Rangkaian acara yang diadakan Kemenkes, yuk kita sama-sama rayakan Pekan Imunisasi Dunia 2019 
Informasi lebih lanjut bisa akses di 
Website : http://www.depkes.go.id/
Instagram : https://www.instagram.com/kemenkes_ri/
Twitter : https://twitter.com/KemenkesRI

You May Also Like

1 komentar

  1. buatku imunisasi penting banget. ga mau akh lewatin tahapan2nya. walo bbrp org bilang haram lah, tp aku muslim yg setuju dgn pendapat,'kalo itu memang baik utk kita dan tidak ada bahan lain yg halal sebagai penggantinya,ya sudah pakai saja yg ada"

    drpd anakku kenapa2, lbh miris mana. ibu yg bilang mnding anaknya cacat, ya monggo, asal tega. aku sih ga bakal mau anakku jadi sakit ato mengalami lumpuh/cacat hanya krn ibunya lupa imunisasi

    BalasHapus