Alfamart mengurangi Polusi Sampah Plastik bersama Tasini - Black Girl

Alfamart mengurangi Polusi Sampah Plastik bersama Tasini

by - Juli 16, 2019

Assalamu'alaikum


Ini dia Tasini Bag

Sapa yang sudah menerapkan ke mana-mana bawa tote bag? Alhamdulillah aku udah menerapkan kalo ke mana-mana tidak ketinggalan dengan tote bag. Menggunakan kantong dari kanvas atau dari bahan dapat mengurangi sampah plastik di Indonesia. Karena beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menjadi sorotan atau berita utama dengan temuan yang menyedihkan dari para ilmuwan yang menunjukkan sebagai sumber polisi plastik laut terbesar kedua. 

Mendengar kalimat itu teman-teman sedih ga? 

Kalo aku sedih banget karena punya pengalaman juga pas aku ke Gunung Bromo banyak menemukan beberapa sampah plastik yang habis makan disana dan sampahnya dibuang gitu aja. Aku sampai ngelus dada dengan teman2ku karena bromo kan dingin misalkan  sampahnya menumpuk di gunung dan bau, bukan udara sejuk yang kita hirup malah udara bau sampah menyengat hirup ke hidung. Padahal untuk melakukan atau mengurangi sampah plastik merupakan hal kecil bisa dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Contohnya apa? 

Seperti pergi ke supermarket membawa totebag, apalagi sekarang beberapa supermarket menekankan kepada konsumen untuk membayar kantong plastik 200 rupiah. Misalkan belanja kita banyak 200 × 5 udah seribu rupiah. Daripada bayar 1000 rupiah mending bawa totebag bisa dipake berulang-ulang. Bukan masalah murahnya juga tetapi pas kantong plastiknya robek karena tipis bakal dibuang dan numpuk itu dia yang buat berserakan didalam tong sampah.

Misalkan aku ke Alfamart tidak membawa totebag merasa bersalah bukan karena dikenakan tarif kantong plastik 200 rupiah tetapi akan banyak sampah dirumah hehehe. Alfamart sangat inisiatif untuk mengurangi sampah plastik menggandeng MOPF (Maling Oceans Plastic Free) diawali dari ide empat sahabat dari Indonesia dan Jerman mengeluarkan ToteBag bernama Tasini Bag.

Apa sih itu Tasini Bag? 

Tasini adalah tas belanja lipat tersembunyi di dalam bentuk hewan dengan bentuk gantungan kunci yang berbentuk karakter gurita, ikan hiu dan penyu.

Pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 aku berkesempatan berkunjung ke Alfa Tower untuk mengikuti launching Tasini Bag dan dihadiri beberapa narasumber yaitu :

- Bpk. Solihin ( Coorporate Affairs Director Alfamart)
- Bpk.  Nurahman ( Coorporate GA Alfamart)
- Roger ( Founder Tasini Bag)
- Brand Ambassador Alfamart (Nagita Slavina)



3 Narasumber yaitu : Nagita, Bpk. Solihin & Mr. Roger 

Bpk Solihin juga mengatakan bahwa Alfamart sudah menerapkan konsep 5R  yakni Refuse, Reduce, Reuse, Recyle dan Rethink kepada seluruh karyawannya.  Mulai dibiasakan membawa tumbler dari rumah jadi tinggal isi ulang hingga kotak makanan sendiri sebagai kepedulian disekitarnya. Dengan adanya konsep 5R ini setiap kantor maupun lingkungan rumah,tempat-tempat wisata Indonesia akan lebih bersih dan rapi bebas dari sampah plastik.  Semoga masyarakat Indonesia cepat sadar. Aamiin

Roger bersama teman-temannya berawal ide ingin mewujudkan menjadikan hal tersebut tantangan dalam berbagai hal dengan meluncurkan Tasini Bag. Dengan adanya Tasini Bag setidaknya masyarakat Indonesia akan sadar betapa pentingnya menggunakan Tasini Bag.

Nagita Slavina juga menyampaikan bahwa dia sudah mulai kontribusi dan selalu membawa tote bag kemanapun ia pergi.  Apalagi dengan adanya peluncuran Tasini Bag akan mempermudah anaknya untuk membawa kemana2. Karena bentuk Tasini Bag yang simpel dan menggemaskan. Bentuknya gantungan kunci model boneka apabila tidak memerlukan Totebag bisa dijadikan gantungan kunci. 




Dengan adanya Tasini Bag dapat menghemat hingga 400 kantong plastik setahun. Wow amazing...  Tasini membantu mengurangi pencemaran dari botol plastik di lingkungan kita juga. 

Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik Alfamart sudah tersedia Tasini sekarang di lebih 5000 toko di wilayah Jabodetabek siap untuk membantu konsumen untuk melakukan transisi dari kantong plastik sekali pakai ke Tasini Bag dunk. Harganya juga terjangkau banget dengan harga 39.900 sudah bisa dibeli.  Oia Tasini Bag juga ada 3 karakter loh yang lucu dan menggemaskan yaitu Shark (biru Shark), Teo ( Hijau Turtle) dan Olivia (Pink Octopus). Bentuk awalnya hanya gantungan kunci pas dibuka jreng2 jadi totebag yang bisa dibawa kemanapun yang kalian inginkan hehehe. 


3 Karakter Tasini Bag 

Tasini Bag membantu masyarakat Indonesia akan sadar penggunaan ToteBag dan mengucapkan No!!  Penggunaaan kantong plastik sekali pakai.  Jadi ga sabar pengen memborong semua koleksi 3 karakter Tasini Bag untuk keperluan belanja aku. #AyoIndonesia #NomorSatuKurangiPolusiPlastik #Tasini 






You May Also Like

14 komentar

  1. Saya nih yang masih sering kelupaan bawa tas kantong sendiri. Semoga hari ini dan seterusnya bisa disiplin bawa kantong dan tempat makan dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh dulu aq jg seeing lupa alhamdulillah skg udah ga

      Hapus
  2. Aku selalu bawa tote bag didalem tas aku donk,tasini bag lucu juga ya😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss ahh kalo gitu jadi ahh lebih aware sama lingkungan sekitar yah

      Hapus
  3. Bagus juga yaa, jadi pengen punya satu deh

    BalasHapus
  4. Awalnya rada males ya bawa2 tote bag sampe suatu hari pas gw main kerumah nyokap di bogor pas belanja di alfa ga dapet kantong karena di Bogor udh ada kebijakan dari walikota ga boleh lagi pakai kantong plastik , jadinya setiap kerumah nyokap gw jadi bawa dari rumah kan boros juga kalo beli mulu hehehe, dari situ gw udh mulai terbiasa kemana2 bawa tote bag wlpn di tempat tinggal gw (ciputat) di alfa masih dapet kantong plastik tapi mungkin skr karena gw udh sadar lebih baik juga pakai tote bag mengingat dampak nya kantong plastik yg gak bisa terurai yaudah gw mulai biasain , dan anak2 gw juga gw ajarin dan kasih pengertian .dari hal yg kecil tapi dampaknya besar

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku juga beli tas kayak gini, 3.500 bisa mengurangi dampak dari kantong plastik 🥰

    BalasHapus
  6. Ya ampun keindahan alam di rusak dengan buang sampah sembarangan. Sedih.

    Bawa Tote bag alfamart cara menghemat uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mpo bawa tote bag menghemat banget

      Hapus
  7. Tote bagnya lucu2 ya.. alhamdulilah ya jd bisa mengurangi sampah plastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi Indonesia lebih bersih kalo ke supermarket pake tote bag

      Hapus
  8. aku juga waktu belanja kemarin ditanya dulu "mau pakai kantong plastik atau bawa kantong sendiri bu?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama semoga mulai dibiasakan untuk membawa kantong sendiri yah

      Hapus