Jalan Kaki Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fresh dan Bugar - Black Girl

Jalan Kaki Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fresh dan Bugar

by - Agustus 26, 2019

Assalamu'alaikum

Pengen cerita sedikit pengalaman aku sering melakukan jalan kaki, antara irit atau ingin sehat? Dua-duanya karena waktu beberapa tahun 4 tahun yang lalu bayangkan aku jalan kaki dari Cikini ke Gondangdia seminggu 3 kali, kenapa ga naik kereta cuma 1 stasiun? Alasanya simpel karena pengen irit 3000 dan pengen kurus pas waktu itu program diet yang kata dokter gizi ku harus turun 10 kg, salah satunya olahraga simpel yaitu sering jalan kaki. Jadi dulu aku kerja di proyek dan kalo ada keperluan sama subkon lain aku harus ke kantor daerah Gondangdia sedangkan proyek terletak daerah Cikini. Karena ingin turun berat badan 10 kg dan ingin di masa akan datang kakiku tidak mengalami kropos, karena aku tiap hari juga minum susu tulang. Jadi untuk seimbang ketika minum susu tulang minimal dalam sehari jalan kaki.


Jalan kaki di pagi hari ternyata sehat 

Jadi Jalan Kaki persepsi saya adalah menurunkan berat badan dan mencegah penyakit jantung dan kolesterol. Alhamdulillah sampai sekarang juga masih melakukan jalan kaki walaupun ga sejauh 4 tahun yang lalu. Kalo sekarang yang sering aku lakukan jalan kaki dari rumah belakang ambassador ke Lotte Avenue Shopping tinggal nyeberang walaupun ga setiap hari minimal seminggu 3 kali. Tujuannya ke Lotte aku ingin zumba jadi dari jalan kaki lanjut zumba supaya lebih sehat. 

Ada beberapa temanku kalo diajak jalan kaki dia merasa lelah atau males. Alasan lainnya udaranya ga bagus pas jalan kaki untuk bernapas kotor banget (itu celetuk temanku). Ga dihindari dengan polusi di jakarta yang sangat mengerikan (seperti ketemu mantan) langsung kabur hahaha. Pada hari Kamis tanggal 22 Agustus 2019 kemaren aku naik kereta dari Stasiun Tebet turun di Stasiun Juanda berjumpa dengan rombongan dari BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) yang lagi mengkampanyekan gerakan Kalau Deket Jalanin Aja. 


Ini dia petugas yang siap bagiin kipas dan masker



Isi survey dan posting di is dapat tumbler 

Kampanye ini bertujuan untuk masyarakat berpindah dari kendaraan (bermotor) pribadi ke angkutan umum massal dan berjalan kaki. Jadi teman-teman dari BPTJ membagikan masker dan kipas bagi yang berjalan kaki, selain itu bagi yang berjalan kaki bisa isi survey untuk memberikan masukan kepada pemerintah. Setelah isi survey akan dibagikan tumbler apabila share di insta story untuk memberikan info yang berfaedah kepada teman-teman kita di sosial media. Kegiatan ini berlangsung dari Senin 19/8/2019 sampai dengan Kamis 22/8/2019 di Jakarta, Depok dan Bekasi dengan melibatkan taruna/ni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) 

Apa sih melatarbelakangi #JalanHijau? 

Ada 2 aspek yaitu isu transportasi dan isu kesehatan/lingkungan. Isu transportasi adalah kenyataan bahwa lalulintas semakin  macet dengan tingginya penggunaan kendaraan (bermotor) pribadi sedangkan untuk isu kesehatan yaitu resiko terkena penyakit non infeksi menjadi semakin tinggi pada usia muda. Karena kurang bergerak masyarakat resiko terkena penyakit non infeksi. Saat ini rata-rata orang Indonesia sangat minum dalam hal berjalan kaki, rata-rata hanya 3000langkah/hari. Seharusnya minimal 6000 langkah/hari atau idealnya 10.000 langkah/hari. Indonesia karena kurang gerak fisik berdasarkan data dari kemenkes meningkat dari semula 26,1% (2017) menjadi 33,5% (2018). 

Manfaat jalan kaki menurut penelitian Harvard Medical School meneliti 459.883 orang responden dan menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki dapat mengurangi resiko Kardiovaskuler hingga 31%. Melakukan jalan kaki setiap hari dapat mengurangi  resiko stroke 20-40%. Apakah kalian sudah berjalan kaki hari ini? Jalan kaki yang ideal dalam sehari minimal 30 menit dan melakukannya tiap hari meningkatkan kreatifitas 60%.


Turun kereta langsung jalan kaki 



Dengan berjalan kaki banyak manfaatnya mengurangi stress dan membuat fikiran lebih jernih. Ada juga dengan jalan kaki muncul ide-ide kreatif pas jalan kaki sambil lihat kanan dan kiri. Dengan adanya kampanye ini lebih aware menggunakan angkutan umum dan lanjut dengan berjalan kaki. Jadi dapat mengurangi polusi, dapat terjaga lingkungan yang bersih. 

You May Also Like

39 komentar

  1. Memang jalan kaki banyak memiliki manfaat terutama untuk kesehatan kardiovascular cuma terkadang masih ada PKL dan pengendara motor yang menggunakan trotoar

    BalasHapus
  2. Aku lebih suka jalan kaki kalau nggak buru-buru dan jaraknya sekali jalan maksimal 2 km. Jadi jalannya bisa nyantai. Bisa leluasa berhenti-berhenti buat motret dan jajan juga :D

    BalasHapus
  3. Iya jalan kaki itu olahraga mudah dan murah juga sehat, sebelum hamil aku dan suamiku rajin jalan kaki sekitar perumahan abis subuh, karena oksigennya banyak dan bagus buat yang progmil, dan terbukti iya 3 bulan berikutnya hamil secara alami. Setelah kandungan 5 bulan juga jalan kaki sekitar perumah sampai nanti lahiran, sehat dan dianjurkan oleh dokter, dengan jalan kaki asupan oksigen ke dedek bayi dalam perut juga bagus :)

    BalasHapus
  4. Ishhh bener banget nih...jalan kaki emang olahraga termurah dan banyak manfaatnya..bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja...Semangat jalan!!

    BalasHapus
  5. Asyik nih kalo campaign jalan kaki sehat bisa ditularkan ke kota2 lainnya
    Karena emang praktis dan asyik kalo rutin jalan kaki
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Sipp kak bener bangettt.. kalo deket mending jalan kaki ajah.. lebih sehat...udah pasti..

    BalasHapus
  7. Wah klo soal jalan kaki, hayuk kak. Aku memang pasang target sekurangnya 7.000 langkah per day.
    Ya meski kadang tidak tercapai, tapi setidaknya ada usaha menuju sehat hehe

    BalasHapus
  8. Bener ya manfaat jalan kaki tuh bnyak bnget selain buat kesehatan tentunya juga jd hemat y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin sering jalan kaki aku sekarang karena bnyk bngt manfaatnya

      Hapus
  9. Aku bisa berjalan kaki saat sabtu minggu nih, hari biasa sich seringnya cuma diri doank jalan mantau siswa di kelas,

    Infonya bikin smangat nih utk jalanin aja

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah senang juga jalan kaki asal jangan tengah hari bolong aja hahahaaa. Semoga kampanye ini sukses ya kak

    BalasHapus
  11. Aku juga suka jalan kaki karena memang jadi salah sstu cara untuk olahraga juga ya

    BalasHapus
  12. aku juga lebih seneng jalan kaki kalo jaraknya deket kak.. selain menyehatkan, lumayan bisa mengurangi emisi dari kendaraan bermotor..

    BalasHapus
  13. Duuh...jadi berasa orang paling mager deeh...
    Mau mau...jalan kaki mulai sekarang.
    Smoga perlahan makin meningkat jumlah langkahnya.

    BalasHapus
  14. Ternyata kampanye ini tentang jalan kaki, ya. Kirain tentang gebetan hehehe.. Salut nih sama semangatnya untuk tetap sehat

    BalasHapus
  15. Semangat Farah jalan kakinya, gw jg lagi pengen banyakin jalan kaki nih biar pernafasan lebih lancar, aslinya gw tuh skrg mager kalau jalan kaki, harus dimulai dari sekarang

    BalasHapus
  16. Sampai sekarang aku masih suka jalan kaki sih. Biasanya kalau ke pasar atau belanja di minimarket dekat rumah. Ya kurang lebih sampai jarak 1 km aku masih biasa jalan. Cuma yang sering ngeri itu karena pejalan kaki sering nggak kebagian area jalan. Pengendara motor kadang suka nyerobot trotoar kalau lagi macet. Duh, suka sebel kalau kayak gitu.

    BalasHapus
  17. Mbaa jadi turun berapa kilo jalan kaki cikini gondangdia 3 kali seminggu?
    beneran aku lg niat mau rajin jalan kaki atau lari ini mau nurunin 8 kg an susah beneeer

    BalasHapus
  18. aku suka jalan kaki mba, dan bener deh banyak banget inspirasi..ide2 hehe
    udah lama nggak jalan kaki nih aku. 3 bulanan ini. Di Jkt ,pakai masker lalu jalan kaki..polusinya seseram itu ya :D

    BalasHapus
  19. bener banget nih mba, jalan kaki bisa bikin tubuh jadi lebih sehat dan bugar, karena digerakan secara bersamaan trus berkeringat juga.

    BalasHapus
  20. aku ikut jalan kaki 5000 langkah sehari - which is sekitar 1 jaman gitu deh, dengan santai

    pertama kali tentu saja beraaatttttt kayak cinta Dylan waktu terserang rindu ke Mylea tapi lama lama enak dan bergairah gitu hidup

    Dengan berjalan kaki banyak manfaatnya mengurangi stress dan membuat fikiran lebih jernih, dan tentu saja turun berat badan itu bonus

    BalasHapus
  21. Jalan kaki juga buat aku sebagai sarana diet juga karena emang bs mengontrol berat badan kitaaaa....

    BalasHapus
  22. Jalan kaki memang lebih sehat ya, apalagi di zaman yang serba digital dan mudah, jalan kaki jadi sesuatu yang langka padahal banyak manfaat kesehatannya terutama untuk yang malas olahraga seperti saya nih...hihihi.

    BalasHapus
  23. Aku pecinta lari..tapi kalau jalan kaki juga gak nolak..bener,bikin badan fit dan menjaga bb tetap ideal..

    BalasHapus
  24. Jadi kita tuh emang kudu banyakin jalan kaki, karena ini pun jadi olahraga paling murahkan? Jangan takut jalan kaki, sekarang pedestrian kita sudah kece semuanya.

    BalasHapus
  25. Jalan kaki itu asyik dan bikin badan sehat. Hambatannya cuma ada di males aja sih. Tapi kalau udah berhasil mengalahkan rasa malas itu, seterusnya bakalan ketagihan jalan kaki deh.

    BalasHapus
  26. Aku sampai hari ini masih setia pakai kendaraan umum dilanjut jalan kaki. Tiap hari pp kantor rumah gitu. Cuma yang masih belum nih 1000 langkah perharinya. Harus mulai dari sekarang nih, selain bakar kalori jadi bikin lebih sehat juga ya..

    BalasHapus
  27. Betuul setuju banget kalau jalan kali buat kita terhindar dr macet dan makin sehat krn paparan pulis berkuran. Tapi selain buat kita sehat, jalan kaki juga satu2nya olahraga yg diginakan saat kita berhaji atau umroh.

    BalasHapus
  28. Bener bangeet mba.. aku juga suka tapi memang tantangan tersendiri yaa kalau di Jakarta. Polusi, panas dan motor yang ngga tertib bikin sebeel

    BalasHapus
  29. aku target sehari 8000 langkah, mba...tapi rata-rata cuma 4000 langkah..
    apalagi pas ngantor kan banyak duduknya...kalo lagi ngemall sih bisa sampai 12000 langkah..
    hehehhe

    BalasHapus
  30. aku jarang banget jalan kaki di jalan. palingan pas ikut jalan santai . yang seringnya itu bolak balik di rmah dan di kantor aja, mana bisa sehat ya kan

    BalasHapus
  31. Saya juga dari dulu senang jalan kaki, ke mana-mana, asal jangan panas aja hehe.. .

    BalasHapus
  32. Enak banget jalan kaki, apalagi kalau sore atau pagi hari, kerasa banget freshnya. Jangan-jangan karena malas jalan, jadi endutan sekarang, haha.. Harus jalan kaki lagi nih

    BalasHapus
  33. Saya memang suka banget jalan kaki. sepertinya dulu hobi aja, apalagi sekarang sudah tahu manfaatnya yang besar untuk kesehatan tubuh, jadi tambah semangat jalan kaki

    BalasHapus
  34. Banyak sekali manfaat jalan kaki ya mba, aku sekarang lagii biasain ini terus.

    BalasHapus
  35. Iyaaa...
    Aku kalau jalan kaki, seperti melihat kehidupan dengan frame yang berbeda.
    Kalau naik kendaraan kaan...semua seperti diputar cepat.

    BalasHapus
  36. Kebiasaan jalan kaki sekarang di masyarakat udah berkurang ya sejak ada motor kemana2 naik motor...ingat waktu kecil motor mash dikit k pasar jarak 1 smp 2 km jalan kaki k sekolah sd 1 km jalan kaki n rasanya biasa aja...sekarang mah hadeuh kebiasaan pake motor dan nular deh k anak2 jalan jauh capek makanya ya ortu jaman dulu sehat2 kemana2 jalan kaki

    BalasHapus
  37. Budaya naik motor juga nih yang bikin malas jalan kaki. Ke warung naik motor, ke masjid deoan rumah naik motor. Gak sehat dan nyumbang polusi

    BalasHapus
  38. Kadang dilemma juga ya mau jalan kaki di Kota besar padahal jalan kaki ini olahraga simple dan menyehatkan. Yang terpentong sih sudah tersedia fasilitas bagi pejalan kaki supaya aman dan nyaman.

    BalasHapus